Jembatan Ciharendong Disebut Angker, Rawan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas

Jembatan Ciharendong Disebut Angker, Rawan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas

Bagi masyarakat Kuningan sudah tidak asing lagi mendengar Jembatan Ciharendong. Kecelakaan dengan korban jiwa dan cerita mistis menghiasai kekokohan jembatan tersebut. Lalu kenapa jembatan yang lokasinya berada di Lingkungan Karanganyar, Kelurahan Cigintung, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, ini disebut angker?

ASEP KURNIA, Kuningan

KECELAKAAN maut yang kerap terjadi di sekitar Jembatan Ciharendong, sering dikaitkan dengan cerita mistis yang melekat di jembatan tersebut. Konon, pada malam hari di lokasi tersebut sering ada penampakan sesosok wanita berpakaian kebaya mengganggu para pengguna jalan yang melintas.

\"Yang meramaikan jembatan ini angker hanya orang-orang luar saja, kami penduduk sini tidak merasakan itu,\" ujar M Sungkono, Ketua RW 02 Karang Anyar.

Menurut pensiunan TNI ini, warganya biasa-biasa saja dengan cerita mistis seputar Jembatan Ciharendong yang menjadi perbincangan. Dirinya tidak bisa menerangkan dari mana awalnya cerita-cerita horor tersebut berawal. Begitu juga kabar bahwa ada seorang Nyi Ronggeng yang dikubur hidup-hidup di bawah jembatan tersebut. \"Mungkin orang tua dulu tahu, tapi generasi yang sekarang tidak ada yang tahu legenda atau cerita yang sebenarnya terjadi,\" papar Sungkono.

Sungkono tak memungkiri, memang dulu di bawah jembatan ada dua kuburan, tetapi warga sekitar tidak ada yang tahu siapa yang dikubur di lokasi tersebut. \"Sekarang tanda kuburannya sudah hilang tergerus air sungai,\" katanya.

Tersiar kabar bahwa zaman dulu ada seorang Nyi Ronggeng yang dikubur hidup-hidup di bawah Jembatan Ciharendong. Peristiwa kelam yang menimpa Nyi Ronggeng tersebut sebagai tumbal pembuatan jembatan. Entah apa yang melatarbelakangi peristiwa sadis tersebut, yang jelas banyak cerita sesosok perempuan suka terlihat melintas atau berdiri di jembatan itu.

Akibatnya, kecelakaan yang melibatkan kendaraan dengan korban jiwa, disebabkan pandangan sang sopir terganggu oleh sosok perempuan tersebut. \"Saya lahir dan besar di sini, tidak pernah mengalami atau melihat sosok atau makhluk apa pun di jembatan tersebut,\" timpal Uud Saudi warga Karang Anyar lainnya.

Uud yang rumahnya persis di samping jembatan viral itu hanya sekali mendengar cerita yang berkaitan dengan dirinya. \"Waktu itu teman saya dari arah Kuningan hendak berkunjung ke rumah saya, kata teman saya jalan di sekitar jembatan jadi ada dua,\" kata Uud sambil menambahkan kalau temannya sampai tidak jadi berkunjung.

Uud sering menjadi saksi hidup kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut. Menurutnya, kecelakaan terjadi memang sering dikaitkan dengan roh penunggu jembatan. Dirinya dan warga lainnya tidak mempermasalahkan dengan sebutan jembatan viral tersebut, menurutnya sebutan itu menjadi promosi gratis bagi lingkungannya.

Berbagai cara sudah dicoba untuk menghilangkan energi negatif di lokasi tersebut namun gagal. Termasuk salah satu acara mistis di televisi yang dipandu Tukul Arwana pun pernah akan mengambil lokasi tersebut untuk shooting, namun batal. Yang membuat heran lagi, sejak jembatan tersebut pertama kali dibangun puluhan tahun yang lalu belum pernah ada perbaikan sedikit pun. Kecuali penebalan jalan atau hanya untuk pengecatan ulang.

Namun benarkah kejadian beberapa kecelakaan di lokasi tersebut termasuk yang menimpa truk semen pada Rabu lalu hingga menewaskan sang sopir ada kaitannya dengan cerita mistis tersebut? Hanya Tuhan yang tahu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: