Bupati Pantau Vaksinasi PMK

Bupati Pantau Vaksinasi PMK

DITINJAU: Bupati Kuningan Acep Purnama saat meninjau kegiatan vaksinasi PMK terhadap sapi unggulan jenis Pasundan di Desa Dukuhbadag, Kecamatan CIbingbin, kemarin.--

Radarkuningan.id, KUNINGAN - Bupati Kuningan Acep Purnama berkesempatan meninjau langsung kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap sapi ternak di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin, Selasa (28/6).

Peninjauan tersebut sengaja dilakukan bupati untuk memberikan pesan kepada masyarakat tentang ketersediaan hewan ternak sapi di Kabupaten Kuningan masih aman sekalipun tengah dilanda wabah PMK. Terlebih menghadapi Hari Raya Idul Adha, Acep mengatakan, stok sapi potong yang sehat dan memenuhi syarat kurban masih sangat mencukupi.

“Vaksinasi PMK ini disuntikkan terhadap sapi sehat dengan prioritas sapi pembibitan seperti Sapi Pasundan di Desa Dukuhbadag ini, sapi perah di Cigugur dan sapi indukan atau akseptor dan tidak terhadap sapi kurban. Namun kami pastikan stoknya masih aman untuk memenuhi kebutuhan kurban nanti," ungkap Acep.

Acep juga mengimbau kepada para peternak untuk tidak mendatangkan sapi dari luar dulu selama wabah PMK masih ada. Begitu pula sapi dari Kuningan diharapkan jangan dijual ke luar untuk antisipasi penyebaran wabah PMK.
"Kita gunakan sapi-sapi lokal, karena jumlahnya masih banyak dan pasti mencukupi untuk kebutuhan konsumsi maupun untuk kurban. Hindari keluar masuk sapi dari luar maupun lokal agar wabah ini tidak semakin parah,” kata Bupati  Acep.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Drs Dadi Hariadi MSi melalui Kabid Peternakan Lya Priliawati SPt  MP mengatakan, vaksin PMK untuk Kuningan sudah diambil dari Provinsi Jabar pada Kamis (23/6) dengan jumlah 7.200 dosis dalam 72 botol.

"Rencana penggunaan  adalah  5.200 dosis untuk sapi perah dan 2.000 dosis untuk sapi potong. Vaksinasi pada sapi perah sudah dimulai  Sabtu, 25 Juni 2021 dan masih berjalan sampai hari ini," ujar Lya.
Diterangkan, untuk hari ini selasa, 28 Juni 2022 dimulai vaksinasi PMK pada sapi potong dilaksanakan di Desa Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin. Dipilihnya Dukuhbadag karena di desa ini banyak terdapat sapi Pasundan.

"Sapi Pasundan yang merupakan plasma nutfah asli Jawa Barat yang perlu dilestarikan keberadaannya. Sehubungan Kabupaten Kuningan juga sudah ditetapkan sebagai Wilayah Sumber Bibit Sapi Pasundan Jawa Barat bersama Kabupaten Garut," ujarnya.

Diterangkan, vaksin ditujukan pada ternak yang sehat. Ternak yang sakit tidak boleh divaksin. Sedangkan kegiatan vaksinasi diprioritaskan pada ternak dengan masa pemeliharaan yang lama seperti ternak di Balai-balai  Perbibitan, sapi perah dan sapi bibit/akseptor.
"Karena kita punya sapi Pasundan plasma nutfah asli Jabar, itu juga kita prioritaskan," tandasnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: