Hujan Deras, Longsor Bikin Desa Situsari, Kuningan Terisolir

Hujan Deras, Longsor Bikin Desa Situsari, Kuningan Terisolir

Longsor di Desa Situsari, Kecamatan Darma, menyebabkan akses jalan desa tertutup dan menyebabkan warga terisolir--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Bencana tanah longsor menimpa wilayah Selatan Kuningan, tepatnya di Desa Situsari, Kecamatan Darma, pada Rabu malam 8 Maret 2023.
 
Tanah longsor menyebabkan akses jalan desa menuju Kecamatan Darma tertutup material tanah sehingga praktis menyebabkan masyarakat Desa Situsari terisolir.
 
BACA JUGA:Dorong Penyaluran Rumah Bersubsidi 2023, BSI Hadir di Gema Tapera

Kapolsek Darma AKP Sutarja Fahrudin mengungkapkan, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Hujan yang turun sejak sere hari menyebabkan tembok penahan tebing setinggi 15 meter ambruk dan menutup satu-satunya akses jalan warga menuju Kecamatan Darma dengan ketebalan 1,5 meter.

"Akses jalan menuju Desa Situsari tertutup longsor total sehingga untuk sementara tidak bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun empat. Bisa dibilang untuk sementara warga Desa Situsari terisolir karena ini akses jalan satu-satunya menuju Kecamatan Darma, kalaupun memutar jaraknya sangat jauh," ungkap Sutarja.
 
BACA JUGA:Warga Karangbaru Kuningan Bersorak, Kepala Desa Akhirnya Teken Surat Pengunduran Diri

Kejadian tanah longsor ini, kata Sutarja, telah mendapat penanganan dari BPBD Kabupaten Kuningan datang ke lokasi dan melakukan assessement.
 
Dan pada Kamis pagi ini satu unit alat berat telah tiba di lokasi untuk melakukan upaya pembersihan material longsor.

"Karena yang ambruk ini tidak hanya tanah, melainkan tembok penahan tebing yang terbuat dari coran semen. Sehingga penanganannya tidak bisa secara manual, dan Alhamdulillah dari BPBD dan Dinas PUTR mengerahkan satu unit alat berat untuk memudahkan pembersihan material longsor," papar Sutarja saat meninjau lokasi longsor.
 
BACA JUGA:Jabar Dapat Hibah 10 Juta Dolar AS dari Korea Selatan untuk Green Public Transportation

Hingga saat ini warga Desa Situsari masih terisolir karena kendaraan tidak dapat melintas. Kalaupun terpaksa, kata Sutarja, warga masih bisa lewat dengan berjalan kaki namun harus dengan hati-hati.

"Sampai saat ini warga masih terisolir, tapi untuk jalan kaki bisa, namun jalannya cukup ekstrim karena masih banyak batu-batuan yang menutup jalan, jadi satu desa terisolir," lanjutnya.
 
BACA JUGA:Ulang Tahun Emas Perguruan Silat Bima Suci Kuningan, Puluhan Pesilat Cilik Tampil di Turnamen Madsaleh Cup

Selain menutup akses jalan, longsor tersebut mengancam satu rumah milik warga yang tepat berada disamping lokasi longsor.

"Ada satu rumah yang terancam, karena khawatir akan ada longsor susulan. Untuk sementara penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman," jelasnya. (Taufik)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: