Jangan Dianggap Sepele! Inilah 5 Ciri Kucing Cacingan yang Bisa Diamati, Sudah Tahu?

Jangan Dianggap Sepele! Inilah 5 Ciri Kucing Cacingan yang Bisa Diamati, Sudah Tahu?

Ciri Kucing Cacingan yang Bisa Diamati-Pintarpet-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Cacingan merupakan salah satu penyakit umum pada kucing yang bisa terjadi pada kucing rumahan ataupun kucing pembohong.

Kucing cacingan bisa melalui kontak dengan telur cacing di kotoran, makanan, atau hewan buruannya seperti tikus atau burung.

Meski terdengar sepele, namun kucing cacingan ini tidak boleh diabaikan. Sebab cacingan bisa menyebabkan banyak gejala yang bervariasi mulai dari ringan hingga berat atau fatal. 

Gejala kucing cacingan ini tergantung pada jenis cacing penyebab infeksi. Parasit cacing ini dapat mengambil nutrisi kucing dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Bagi Anda pemilik Anabul, penting mengenali gejala atau ciri kucing cacingan agar dapat mengambil langkah perawatan yang aman dan tepat. Berikut ini beberapa tanda kucing cacingan yang dapat diamati.

BACA JUGA: Ingin Observasi Kucing Kamu Bahagia? Lakukan 3 Cara Ini Agar Kucing Ceria

Ciri-ciri Kucing Cacingan

1. Penurunan Berat Badan

Salah satu ciri kucing cacingan adalah mengalami penurunan berat badan meskipun makan lahap. Hal ini disebabkan dalam tubuh kucing tidak menyerap makanan yang dimakannya sehingga mengalami kekurangan nutrisi.

Selain penurunan berat badan juga akan membuncit. Jika berat badan kucing terus menurun, segera periksakan ke dokter hewan.

2. Penampakan Cacing

Ciri kucing cacingan juga bisa dilihat dari penampakan kucing ataupun telur cacing pada kotoran atau muntahan kucing peliharaan. Cacing atau telur terkadang berimigrasi ke anus kucing ataupun tersangkut di bulunya.

3. Bulu Kusam dan Rontok

Ciri kucing cacingan juga bisa ditandai dengan bulu kasar, kusam, bahkan rontok pada kucing. Bulu mereka mungkin menjadi kasar dan tidak berkilau seperti biasanya. Jika gejalanya ditandai dengan perut buncit, maka ini tanda kucing cacingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: