Sinergis PKK-SKPD Membangun Kuningan Maju

Rabu 20-01-2021,12:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi memuji sejumlah program yang digulirkan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kuningan. Sebab berbagai program yang dilakukan TP PKK Kuningan sangat membantu dalam pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Sekda Dian, saat mengisi materi kaitan dengan sinergi kegiatan PKK bersama SKPD.

Hadir pula Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK Hj Yoana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Ella Dian dan sejumlah Pimpinan SKPD.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PKK, yang sangat membantu dalam pembangunan Kuningan lebih maju. Sebab PKK merupakan organisasi yang mempunyai perangkat sampai dengan level bawah hingga tingkat keluarga terkecil,” kata Dian.

Menurutnya, meski dengan kondisi keterbatasan SDM, keterbatasan anggaran dan keterbatasan waktu, namun masih dapat memaksimalkan kinerja dengan struktur yang dimiliki TP PKK Kuningan. “Saya harap kepala dinas menganggap ini suatu energi yang mampu menuntaskan program SKPD yang berada di lapangan,” ujar sekda.

Sementara Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama menyambut baik segala sesuatu yang telah disampaikan Sekda Kuningan. Semoga sinergitas kader PKK bersama pemerintah daerah dapat terus ditingkatkan untuk bersama-sama membangun daerah.

“Mungkin hari ini kita bisa berkoordinasi dan menindaklanjuti untuk terus melakukan kegiatan. Selanjutnya kami akan selalu melihat langsung dinamika kebutuhan masyarakat, yang mempunyai keinginan untuk menjadi bagian aktif dalam pembangunan daerah melalui kerja sama dan sinergitas bersama SKPD,” papar istri Bupati H Acep Purnama tersebut.

Ika menjelaskan, sasaran kerja TP PKK adalah keluarga yang merupakan nilai terkecil dalam masyarakat. “Dari kegiatan ini, kita fokus bagaimana membangun ketahanan keluarga yaitu dengan kegiatan-kegiatan pemenuhan gizi balita dan anak. Kemudian meningkatkan kesehatan ibu hamil, meningkatkan hidup bersih, meningkatkan lingkungan yang sehat, pemenuhan pangan gizi seimbang dan meningkatkan usaha ekonomi keluarga melalui ragam usaha produktif,” terang Ika.

Selain itu, kata Ika, ada pula upaya dalam peningkatan literasi para ibu sebagai pendidik dalam keluarga. Sekaligus membantu jangan sampai ada anak yang putus sekolah, serta mengedukasi pelajar dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

“Alhamdulillah PKK dapat bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan, semoga ke depan kita dapat selalu bersinergi. Karena salah satu program kami yaitu Bunda Menyapa Literasi, ini sangatlah bermanfaat untuk perkembangan dan pendidikan anak-anak bangsa,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya telah bekerjasama pula dengan Dinas Pertanian. Tentunya program-program yang ada telah dilaporkan ke tingkat Jabar, sehingga mendapat respons baik dari Pemprov Jabar. “Semoga kita dapat bersama-sama menangani persoalan yang dihadapi masyarakat. Apalagi dengan adanya Covid-19 yang sama-sama kita tahu belum selesai hingga hari ini, mudah-mudahan dengan adanya koordinasi dan komunikasi dari Sekretaris Daerah dan SKPD ini, kita dapat membangun Kuningan yang lebih maju,” tutupnya. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait