Legislator Dorong Potensi Wisata di Desa

Kamis 21-01-2021,10:58 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN–Anggota DPRD Kabupaten Kuningan H Udin Kusnedi SE MSi mendorong pengembangan potensi wisata yang berada di wilayah perdesaan. Dorongan ini disampaikan politisi PAN tersebut, saat menyambut kedatangan rombongan Disporapar di Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana.

Sebagai bagian dari warga Desa Sukamukti, H Udin sangat mendukung upaya pemerintah desa dalam menggali potensi wisata di desanya. Sebab Desa Sukamukti dinilai memiliki banyak potensi wisata alam, termasuk sebagai daerah penyuplai beragam hasil pertanian.

“Kebetulan sebagai warga Desa Sukamukti, saya melihat potensi wisata di sini seluruh sarana penunjang untuk menjadi desa wisata cukup terpenuhi. Di sini memiliki keindahan alam luar biasa, apalagi ditunjang oleh pemandangan Gunung Ciremai yang indah,” kata H Udin saat ditemui awak media, kemarin (20/1).

Tak hanya itu, Ia menyebut, jika di Desa Sukamukti juga ditunjang oleh agrowisata pertanian. Bahkan terdapat pula potensi untuk pengembangan wisata religi.

“Masyarakat di sini juga sangat merespons terhadap pengembangan wisata. Oleh karena itu, kami berharap kepada Dinas Pariwisata sebagai pemangku kebijakan untuk bisa mengembangkan potensi-potensi wisata di desa,” ungkapnya.

Ia melihat, adanya potensi wisata di Desa Sukamukti harus betul-betul dikembangkan secara bersama-sama. Perlu dukungan semua pihak, agar potensi wisata yang dikembangkan ini bisa mendukung tingkat kesejahteraan masyarakat setempat.

“Ketika potensi wisata itu berkembang dan maju, maka dapat mendongkrak perekonomian warga setempat. Ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, sehingga desa akan semakin maju dan memiliki wisata unggulan,” tandasnya.

Perlunya kerja sama antar pihak, lanjutnya, sebab untuk menjadi desa wisata harus melalui beberapa tahapan. Sehingga tidak hanya membangun wisata saja, tanpa ada koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata.

“Jadi butuh perhatian dari pemerintah daerah, baik dari sisi pembangunan maupun promosi wisata. Sebab dalam mengembangkan potensi wisata ini tidak bisa berjalan sendiri, semua harus terlibat untuk mendukung wisata agar terus berkembang dan maju,” imbuhnya.

Kepala Desa Sukamukti Nana Mulyana menambahkan, saat ini memang telah dilakukan proses pengembangan menuju terwujudkan lokasi daya tarik wisata. “Ada dua titik potensi wisata unggulan yang akan dikembangkan, yakni wisata alam Bumi Seni Tarikolot dan wisata religi makam leluhur Citamiang,” sebutnya.

Hanya saja, lanjut dia, yang kini masih dirasa kurang yakni belum tertata seluruhnya akses jalan menuju dua lokasi potensi wisata tersebut.

“Karena itu kita dorong dari anggaran desa untuk akses jalan tersebut. Namun, kita juga butuh sinergitas semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait