Tebar 10.000 Benih Ikan di Citamba

Selasa 02-02-2021,10:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Persatuan Purnawirawan Polri (PP Polri) Cabang Kuningan melakukan aksi peduli lingkungan menebar 10.000 benih ikan nila dan nilem di Sungai Citamba, Senin (1/2). Melibatkan ibu-ibu warakawuri dan pensiunan PNS Polri, aksi tebar ikan tersebut dihadiri Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Kuningan Ir Bunbun Budhiyasa dan Kabid Perikanan Denny Rianto.

\"Hari ini kami bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, menebar 10.000 ikan nilem dan nila di Sungai Citamba. Sebagai wujud kepedulian kami dalam pelestarian sungai sekaligus mendukung program pemerintah mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi,\" ungkap Ketua PP Polri Cabang Kuningan Kombes Pol (purn) Irwan Sukmawan kepada Radar.

Irwan mengatakan, dari kegiatan tebar bibit ikan ini diharapkan bisa menambah populasi ikan di aliran Sungai Citamba. Sehingga masyarakat di sekitar aliran sungai kelak bisa merasakan manfaatnya, memancing ikan untuk kebutuhan lauk pauk sehari-hari.

\"Seperti yang pernah saya alami saat kecil dulu, memancing dan mencari ikan sepulang sekolah di Sungai Citamba ini ataupun saat ngabuburit di kala bulan puasa. Oleh karena itu, saya mengajak kepada masyarakat di sepanjang aliran Sungai Citamba ini, mari kita jaga dan lestarikan sungai ini dengan tidak menangkap ikan dengan cara diseterum ataupun diportas juga tidak membuang sampah, agar anak cucu kita masih bisa merasakan keseruan bermain dan mencari ikan di sungai,\" ujar Irwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Ir Bunbun Budhiyasa mengapresiasi kegiatan PP Polri tersebut. Menurutnya, kegiatan tebar bibit ikan ini selaras dengan program pemerintah seperti tersirat dalam Perda Nomor 10/2009 tentang Pelestarian Satwa Burung dan Ikan.

\"Seiring perkembangan zaman dan upaya pemerintah dalam hal pelestarian sungai, Sungai Citamba yang sebelumnya kualitas airnya menurun kini bisa berangsur membaik sehingga beberapa jenis ikan sudah bisa hidup dan berkembang biak. Selain itu, Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi setiap tahun juga punya program restocking ikan, yaitu kegiatan penanaman kembali ikan-ikan ramah lingkungan di perairan umum seperti sungai, embung ataupun danau. Tujuannya, selain untuk pelestarian lingkungan juga berfungsi untuk menyediakan konsumsi ikan untuk masyarakat sekitar. Ini selaras dengan kegiatan yang kita gelar hari ini bersama PP Polri Kuningan,\" ujar Bunbun. Senada dengan Ketua PP Polri, Bunbun juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga dan melestarikan sungai yang ada di Kabupaten Kuningan ini sebaik-baiknya. Caranya dengan tidak melakukan penangkapan ikan secara sporadis menggunakan seterum ataupun diportas menggunakan racun yang berakibat tidak hanya mematikan ikan-ikan yang masih kecil namun juga merusak lingkungan. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait