Instruksi Pimpinan, Seluruh Anggota Kodim 0615 Diwajibkan Mengikuti Vaksinasi

Rabu 03-03-2021,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Kodim 0615/Kuningan menggelar vaksinasi tahap II gelombang I di Aula Mashud Wisnu Saputra Makodim 0615/Kuningan, Jalan RE Martadinata Nomor 97 Kelurahan Ciporang, Selasa (2/3).

MUMUH MUHYIDDIN, Kuningan 

Sasaran vaksinasi Covid-19 untuk TNI ini meliputi anggota TNI Service area Kodim 0615/Kuningan, yakni Kodim 0615/Kuningan, Subdenpom, Sudenzibang dan Minvetcad.

Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan melalui Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Dedy Suhardjito mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut sesuai dengan instruksi pimpinan atas, Mabes TNI dan Kodam, khususnya dari institusi TNI. Sasaran utamanya yakni Babinsa dan anggota satuan kewilayahan.

“Khusus untuk di wilayah Kodim 0615/Kuningan, sesuai dengan perintah Dandim, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari. Hari ini (kemarin, red) diutamakan untuk para Babinsa sebanyak 251 orang. Untuk hari kedua yang akan divaksin berjumlah 498 orang, gabungan dari Kodim, Subdenpom dan Subdensibang,” ujar Kasdim Kuningan.

Kasdim menjelaskan, berdasarkan perintah, bahwa seluruh anggota diwajibkan mengikuti vaksinasi. Anggota akan dicek terlebih dahulu apakah layak atau tidak untuk divaksin.

Sementara itu, salah satu Tim Kesehatan Kodim menjelaskan, anggota TNI yang akan divaksin perlu memenuhi persyaratan, seperti lulus skrining dari tim dokter. Akan dicek suhu tubuhnya, tekanan darah, riwayat penyakit. Bila memiliki penyakit komorbid seperti diabetes, jantung, dan hipertensi tidak diperkenankan untuk mengikuti vaksinasi.

“Kita dari tim kesehatan akan melakukan observasi setelah 30 menit divaksin kepada peserta. Apabila muncul reaksi dari vaksin seperti, mual, pusing, bahkan muntah, kami akan melakukan evakuasi dengan ambulance yang telah disiapkan sebelumnya untuk dibawa ke rumah sakit terdekat,” jelasnya.

Adapun tenaga kesehatan yang terlibat vaksinasi tahap II di Kodim 0615/Kuningan yaitu 8 orang dari Poskes 03.10.15 Kuningan ditambah dari Denkesyah Cirebon dan 1 dokter dari Klinik Poskes Kodim 0615/Kuningan.

Kegiatan vaksinasi ini dihadiri oleh Kasdim 0615 /Kuningan Mayor Inf Dedy Suhardjito, Kaposkes 03.10.15 Kuningan Serma Sholikhin dan Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Krisna Agustinawati. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait