Acep: Kita Dituntut Cepat Memberi Pelayanan

Selasa 20-04-2021,10:28 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH menyebut, sebagai seorang ASN dituntut cepat untuk memberi pelayanan optimal kepada masyarakat. Hal ini sebagai wujud pengabdian agar memberikan pelayanan terbaiknya demi kepentingan masyarakat.

Hal itu terungkap saat Bupati Acep menghadiri pembekalan implementasi Sistem Merit dan Peningkatan Kinerja ASN, belum lama ini. Pembekalan itu menghadirkan narasumber berkompeten dari Ketua Komisi ASN, Prof Dr Agus Pramusinto DEA.

Seperti yang diketahui, Sistem Merit dalam tata kelola ASN menjamin keadilan dalam pengangkatan, penempatan, penugasan dan pengembangan SDM secara terencana dan tidak deskriminatif. Apalagi semua berbasis pada kompetensi dan kinerja ASN yang dinilai secara adil.

Pembekalan ini diikuti sebanyak 34 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 32 Camat, 25 Sekretaris Dinas/Badan, 32 Sekretaris Kecamatan dan 9 Kepala Bagian lingkup Setda Pemkab Kuningan.

“Untuk menjamin keberhasilan pembangunan, dibutuhkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang mumpuni dari para pejabat pemerintah di Kuningan. Kualitas SDM menjadi salah satu penentu keberhasilan pembangunan,” kata Bupati Acep.

Jika memiliki strategi, kebijakan, program dan kegiatan yang telah tertata dengan baik, lanjutnya, maka dibutuhkan pelaku pembangunan yang handal untuk menjamin hal itu berhasil diterapkan dengan baik.

“Jadi melalui pembekalan ini, semoga bisa meningkatkan SDM berkualitas. Sehingga kedepan, potensi sumber daya alam di Kuningan dapat dikelola dengan lebih baik lagi,” ucapnya.

Dirinya mengintruksikan, agar peserta pembekalan dapat melakukan pengendalian, monitoring dan melakukan langkah inovatif untuk peningkatan kinerja.

“Saya harap ibu dan bapak dapat menemukan langkah-langkah solutif untuk memajukan Kabupaten Kuningan. Dengan modal seperti itu, ibu dan bapak akan berhasil menjadi manajer yang handal,” katanya.

Khusus kepada pejabat administrator dalam hal ini Camat, Kabag, Sekretaris Dinas/Badan maupun Sekretaris Camat, Bupati Acep meminta, untuk mengelola data pembangunan dengan baik.

“Sebab tugas pejabat administrator adalah memastikan dukungan regulasi, data dan sistem dalam peyananan yang bapak/ibu kelola tersedia dengan lengkap, terbarukan dan dapat diakses dengan mudah,” imbuhnya.

Apalagi di jaman sekarang, pejabat daerah dituntut bisa melakukan banyak hal dalam waktu singkat saat melaksanakan setiap kebijakan, aturan maupun administrasinya.

“Jadi selaku pejabat pemerintah daerah, kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal di waktu yang singkat. Untuk itu, melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas diri,” tandasnya.

Bupati Acep berharap, semua peserta pembekalan bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

“Saya harap materi dari Prof Agus dapat meningkatkan semangat, komitmen kita semua untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Sehingga pada akhirnya memicu peningkatan kinerja bapak dan ibu,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait