TMMD 2021 Bakal Digelar di Jamberama

Rabu 09-06-2021,11:02 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Agenda rutin Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021 ini yang dilaksanakan Kodim 0615/Kuningan, bakal digelar di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe. Menjelang kegiatan bakti sosial ala tentara tersebut, berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk pengerjaan fisik untuk jalan di desa yang berlokasi di Kuningan selatan itu.

Di hari keempat Pra TMMD ini, untuk kegiatan fisik rabat beton jalan dengan panjang 1.780 meter dan lebar 2,5 meter telah mencapai titik 45 meter dengan persentase 2,5 %. Sedangkan untuk pembuatan Tembok Penahan Tebing (TPT) dengan panjang 140 meter, pos kamling 1 unit, pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala pemukiman 25 KK (Kepala Keluarga), masih tahap pelansiran material dan pembersihan lokasi.

Begitupun untuk pembangunan program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAM Simas), penambahan sumur dalam terlindung/Broncaptering, masih dalam pelansiran material. Sedangkan tematik penurunan angka kematian ibu dan stunting sebanyak 60 unit.

\"Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 4 titik belum dimulai. Sementara untuk rehab TK sebanyak 1 lokal sudah dilakukan pemasangan genteng dengan persentase 6 %,\" kata Dandim Kuningan Letkol Czi David Nainggolan saat meninjau kegiatan Pra TMMD, kemarin (7/6).

Dalam pelaksanaan TMMD ke-111 yang akan dibuka 15 Juni 2021 dan berakhir 14 Juli 2021 ini, juga akan diisi dengan kegiatan penghijauan sebanyak 4.000 bibit tanaman. Selain itu, ada pula pembuatan saluran TPT (Tembok Penahan Tebing) sepanjang 140 meter di Dusun Surian Desa Jamberama,di samping juga pembuatan lanjutan wermes bambu serta penempatannya di tiap tepi jalan.

\"Adapun untuk kegiatan nonfisik yang akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan TMMD nanti, yaitu penyuluhan, pembinaan dan sosialisasi tentang undang-undang perkawinan, zakat, wakaf, dan pembinaan syariah,\" tutur Dandim.

\"Ada juga pembinaan kerohanian bagi masyarakat, sosialisasi dan fasilitasi perijinan UMKM, pembinaan dan sosialisasi tentang pengolahan sampah, sosialisai dan pemahaman perpustakaan dan pengolahan arsip, penyuluhan kepada seluruh peserta KB, dan pencegahan serta kesiapan penanggulangan bencana,\" imbuhnya.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-111, lanjut Dandim, masyarakat Desa Jamberama juga akan diberikan penyuluhan kesling tentang STBM, promkes tentang Desa Siaga covid-19 dan PHBS, sosialisasi pengurusan perizinan produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), halal dan kemasan bagi para pelaku UMKM.

Kemudian ada sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor), penyuluhan hukum, penyuluhan wawasan kebangsaan,

pelatihan Demplot penerapan teknologi perikanan dan sosialisasi penatausahaan administrasi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

\"Sementara untuk pelayanan masyarakat, Kodim 0615/Kuningan juga akan menyiapkan pengobatan gratis, pelayanan KB (Implan dan IUD), bazar/pasar murah, bingkisan sembako untuk kaum duapa, pelatihan akuntansi dasar bagi pelaku UMKM, perekaman KTP-EL, pelayanan pembuatan KK, KIA dan Akta Kelahiran, perpanjangan SIM dan STNK dan pembangunan sarana akses internet untuk kantor desa dan untuk publik (Wi-Fi),\" jelasnya.

Untuk giat kebersamaan, masih kata Dandim, akan digelar pelatihan kewirausahaan, pelatihan kepramukaan dan pemutaran film/ hiburan masyarakat.

\"Dalam kegiatan Pra TMMD ini, melibatkan 40 anggota TNI dan 30 orang masyarakat setempat. Untuk saat ini, kami akan memaksimalkan kegiatan penyiapan material di sasaran rabat beton jalan dan TPT,\" pungkas Dandim. (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait