Ratusan PKL di 13 Desa Dapat Sembako Gratis

Kamis 19-08-2021,10:41 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Pemerintah daerah kembali menggelontorkan bantuan sembako bagi warga terdampak pandemi Covid-19, khususnya di masa penerapan PPKM. Kali ini, penyaluran bantuan paket sembako difokuskan bagi pedagang kaki lima (PKL) di 13 desa sewilayah Kecamatan Kramatmulya.

Secara simbolis, Bupati H Acep Purnama SH MH memberikan sembako bagi para PKL di kawasan Pasar Kalapagunung, Kramatmulya, Rabu (18/8). Hadir pula Kepala Diskopdagperin Kuningan U Kusmana SSos MSi dan Camat Kramatmulya Guruh Irawan Zulkarnaen SSTP MSi.

Pemberian bantuan sembako ini dikemas dengan acara bertajuk Membangun Ekonomi Kerakyatan. Sebab di tengah masa pandemi Covid-19, tak sedikit pelaku usaha terdampak secara langsung sehingga menyebabkan usahanya mengalami penurunan.

“Pandemi Covid-19 membuat banyak pedagang yang kehilangan mata pencaharian. Kegiatan masyarakat di tengah pemberlakuan darurat Covid-19, misalnya dengan pembatasan jam operasional dan penutupan lokasi jualan atau sepinya pembeli, menjadi salah satu sebab banyak pedagang yang terpaksa harus berhenti berjualan,” kata Bupati Acep.

Atas kondisi tersebut, Ia menyebut, hal itu berpengaruh signifikan terhadap penghasilan mata pencaharian para pedagang. Apalagi pedagang hanya mendapat penghasilan dari pekerjaan yang digeluti sehari-hari.

“Tentu berpengaruh terhadap penghasilan mereka, mengingat pekerjaan mereka ini berbasis harian. Sehingga jika para PKL tidak berjualan keluar rumah, maka tidak ada penghasilan yang didapatkan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Pemkab Kuningan berupaya meringankan beban yang dialami masyarakat khususnya para pedagang. Yakni dalam aspek ekonomi, dengan begitu pemerintah akan menuntun kemandirian ekonomi di lapisan masyarakat.

“Keberadaan pedagang kaki lima merupakan salah satu bentuk usaha sektor informal, sebagai alternatif lapangan pekerjaan bagi UMKM. Lapangan pekerjaan yang semakin sempit, ikut mendukung semakin banyaknya masyarakat yang bermatapencaharian sebagai pedagang kaki lima,” ujarnya.

Dia berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga bisa betul-betul bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya pedagang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu semua, ayo kita mewujudkan Kuningan Maju, jangan dilihat dari besar kecilnya, mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait