Asah Kemampuan, Prajurit Kodim Kuningan Latihan Menembak

Rabu 25-08-2021,10:39 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Sebanyak 109 anggota Kodim 0615 Kuningan mengikuti latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) di Lapangan Tembak Macan Tamiang, Desa Datar, Kecamatan Cidahu, Selasa (24/8).

Di kawasan terbuka dan berbukit yang jauh dari pemukiman warga, para prajurit Kodim Kuningan berlatih kembali menggunakan dua senjata api berbeda yaitu pistol jenis P1 dan senapan laras panjang SS1 V1. Komandan Kodim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan memimpin langsung sekaligus ambil bagian dalam kegiatan latihan menembak tersebut.

\"Kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin di TNI AD setiap tri wulan. Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam menembak baik senjata api jenis pistol maupun laras panjang,\" ungkap Dandim di sela-sela kegiatan latihan menembak anggotanya.

Menurut David, setiap prajurit berkewajiban memelihara kemampuannya dalam hal menembak menggunakan senjata api. Jika tidak, kata dia, dikhawatirkan membuat kemampuan menembak prajurit tersebut akan turun karena kaku yang bisa berakibat fatal.

\"Yang paling utama dalam Latbakjatri adalah faktor keamanan. Oleh karenanya sebaik apa pun hasil sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi cedera ataupun hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sebaliknya jika latihan berjalan dengan aman dan lancar maka itu adalah sebuah indikator keberhasilan latihan,\" ujar Dandim. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait