Komisi V DPR RI Tinjau Bendungan Kuningan

Sabtu 11-09-2021,09:17 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Komisi V DPR RI meninjau Bendungan Kuningan, belum lama ini. Mereka disambut langsung Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi.

Kunjungan kerja para legislator pusat ini, untuk melihat perkembangan Bendungan Kuningan usai diresmikan Presiden Joko Widodo. Selain rombongan Komisi V DPR RI, hadir pula Kabag Umum BBWS Cimanuk Cisanggarung, Dirjen Pengairan Kementerian PUPR dan Kepala Dinas PUTR Kuningan.

Saat menyambut anggota parlemen Senayan, Wabup Ridho menjelaskan cukup rinci kaitan dengan Bendungan Kuningan. Yakni mulai dari luasan area bendungan, daya tampung perairan bendungan hingga kawasan penerima manfaat air bendungan.

“Jadi untuk Bendungan Kuningan ini memiliki luas sekitar 302,26 hektare dengan daya tampung volume air mencapai 25,955 juta meter kubik. Bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian warga di Kuningan, termasuk di daerah tetangga seperti Brebes dan sekitarnya,” kata Wabup Ridho.

Dia menjelaskan, jika Bendungan Kuningan telah digagas sejak tahun 2014. Namun proyek strategis nasional itu baru selesai dibangun pada tahun ini.

“Alhamdulillah, Bendungan Kuningan langsung diresmikan oleh Pak Presiden Joko Widodo. Tepatnya pada 31 Agustus 2021, Pak Presiden berkunjung ke sini dan meresmikan Bendungan Kuningan,” ucapnya.

Menurutnya, selain untuk pengairan area pertanian, Bendungan Kuningan dapat dimanfaatkan untuk ketersediaan air baku bagi masyarakat. Sehingga ke depan, keberadaan Bendungan Kuningan dapat mengantisipasi kesulitan air bersih khususnya di wilayah Kuningan bagian timur.

“Selain sebagai sumber pengairan pertanian, Bendungan Kuningan juga diharapkan bisa menjadi ikon wisata air baru di Kabupaten Kuningan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Arwani Thomafi menyampaikan, Komisi V memiliki fungsi pengawasan terhadap proyek pembangunan bendungan. Sehingga diharapkan, Bendungan Kuningan dengan nilai proyek sebesar Rp500 miliar lebih ini bisa betul-betul bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Semoga pembangunan bendungan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp500 miliar ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Saya mengapresiasi pembangunan Bendungan Kuningan ini, semoga manfaatnya betul-betul dirasakan semua masyarakat,” harapnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait