Napi Lapas Kuningan Diberi Penyuluhan Hukum

Selasa 21-09-2021,08:50 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Lapas Kelas IIA Kuningan bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum  Pancaran Hati Cirebon menggelar penyuluhan hukum di ruang Seksi Kegiatan Kerja Lapas selama dua hari, Jumat-Sabtu (17-18/9).

Adapun pesertanya adalah  Warga Binaan Pemasyarakatan baik berstatus tahanan maupun narapidana. Kemudian, pegawai lapas dan beberapa advokat.

Penyuluhan hukum yang diberikan LBH Pancaran Hati kepada narapidana dan tahanan Lapas Kelas IIA Kuningan, yang mengambil tema “Mewujudkan Warga Binaan Pemasyarakatan yang Cerdas Hukum”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta warga binaan, pegawai lapas dan beberapa advokat dari LBH Pancaran Hati.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bagi peserta yang hadir, dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Kasubsi Bimkemaswat, Indra Gunawan. Turut hadir dalam acara, Kalapas Kuningan Gumilar Budirahayu memberikan sambutan sekaligus meresmikan kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu.

Dalam sambutannya, Gumilar menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tindak lanjut perjanjian kerja sama yang telah terjalin antara Lapas Kelas IIA Kuningan dengan LBH Pancaran Hati.

\"Dengan adanya penyuluhan dan konsultasi hukum ini secara cuma-cuma, para tahanan dan narapidana dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan bantuan pemahaman hukum dan perlindungan hukum,\" ungkap Gumilar.

Selain itu juga pendampingan hukum, dan hal itu dibenarkan menurut undang-undang. Khususnya bagi tahanan yang masih menunggu proses persidangan sampai mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Karena penyuluhan-penyuluhan hukum seperti ini memang sangat tepat diberikan kepada warga binaan kami,” sebutnya.

Hal ini  untuk memberikan pencerahan agar semangat  berubah ke arah yang lebih baik. Pihaknya  meminta kepada para peserta penyuluhan agar serius dan bersungguh-sungguh mengikuti penyuluhan hukum ini serta menerapkan pesan-pesan baik yang disampaikan narasumber”, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Ketua LBH Pancaran Hati, Yanto Irianto dengan Kalapas Kuningan terkait optimalisasi pemanfaatan steam mobil (carwash) dan motor bagi pembinaan kemandirian warga binaan Lapas Kuningan

Selesai acara pembukaan, selanjutnya Ketua LBH Pancaran Hati, Yanto Irianto langsung mengisi materi kepada para peserta yang hadir di mana Yanto menyampaikan betapa pentingnya bantuan hukum bagi kesetaraan di muka hukum.

\"Negara telah menjamin hak konstitusi setiap warga negara. Oleh karena itu, demi terwujudnya persamaan dan perlakuan di hadapan hukum, bantuan hukum mutlak diperlukan,\" ungkap Yanto.

Sehingga, lanjut dia, dengan telah terjalinnya kerja sama antara LBH Pancaran Hati dengan Lapas Kuningan, maka warga binaan dapat dengan mudah melakukan konsultasi hukum dan mendapat perlindungan hukum serta pendampingan hukum demi sebuah keadilan.

Dikatakan, persamaan di hadapan hukum dan perlindungan hukum memang tidak dengan mudah dapat terwujud, dikarenakan perbedaan kemampuan, baik secara ekonomis maupun secara intelektual.

“Tetapi karena bantuan hukum bukan hanya prasyarat untuk memenuhi hak konstitusional warga negara, akan tetapi merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak konstitusional warga negara, terutama kelompok masyarakat kurang mampu,\" ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait