Wabup Ridho Dorong Digitalisasi Koperasi

Senin 11-10-2021,09:52 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi mendorong pentingnya digitalisasi koperasi di eras teknologi informasi sekarang ini. Sebab digitalisasi koperasi merupakan suatu keniscayaan dan kebutuhan.

Hal itu diungkapkan Wabup Ridho-sapaan akrab Wakil Bupati ketika membuka kegiatan pendidikan menengah koperasi bagi mahasiswa Uniku, akhir pekan kemarin. Dorongan ini disampaikan untuk memberi motivasi bagi para mahasiswa, sebagai generasi penerus di masa mendatang.

“Jadi perlu adanya terobosan-terobosan untuk mengubah perspektif koperasi yang semula dianggap kolot menjadi kekinian. Perspektif layanan koperasi yang semula dilakukan secara manual menjadi serba digital,” kata Ridho.

Menurutnya, transformasi digital di dunia koperasi adalah sebuah keniscayaan. Sebab transformasi digital di koperasi adalah kebutuhan. “Koperasi memang harus melakukan banyak lompatan. Tentu dengan tujuan tiada lain adalah meningkatkan kesejahteraan anggota yang menjadi anggota koperasi,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, membangun kebangkitan ekonomi melalui kebangkitan koperasi bisa terwujud. “Koperasi tidak akan lepas dari peradaban di Indonesia. Karena koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia,” tandasnya.

Hanya saja, kata Ridho, koperasi harus mengikuti perkembangan zaman. Tetap pertahankan budaya, tapi harus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini.

Khusus bagi mahasiswa yang aktif di koperasi kampus, Ia memberi masukan, jika sekarang generasi muda memiliki banyak pekerjaan rumah dalam upaya mendorong serta membangun ekosistem digital. Salah satunya untuk mendorong pertumbuhan koperasi, termasuk upaya meregenerasi arah koperasi.

“Digitalisasi koperasi ini penting, agar kemudian kita mampu menciptakan koperasi yang adaptif sesuai dengan kepentingan zaman yang sekarang berkembang,” pungkasnya.(fik)

Tags :
Kategori :

Terkait