ASN Harus Memiliki Sifat Santana, Basajan dan Santika

Rabu 17-11-2021,10:52 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH memberi arahan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan kecamatan. Ada sebanyak empat kecamatan yang mengikuti kegiatan pembinaan ASN di Gedung Balai Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan, kemarin (16/11).

Adapun empat kecamatan itu di antaranya Ciawigebang, Cipicung, Kalimanggis dan Cidahu. Kegiatan pembinaan ASN ini akan terus berlangsung sebagai rangkaian HUT ke-50 Korpri di Kabupaten Kuningan.

Tujuan adanya kegiatan ini dalam rangka pembinaan ASN yang berorientasi terhadap kemampuan, kesetiaan, pengabdian dan tanggungjawab ASN terhadap negara dan bangsa. Bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan secara berdaya guna untuk mendukung visi-misi Kuningan Maju.

Apalagi dalam rangkaian HUT Korpri, nantinya akan diadakan pula bazar murah dan bagi-bagi sembako gratis. Termasuk perlombaan seperti senam Jabar Juara, lomba desain kaos, lomba menulis artikel, lomba foto selfie, lomba tiktok edukasi, pantun, karaoke hingga festival kopi.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Acep Purnama menyampaikan, kegiatan pembinaan dilakukan untuk meningkatkan semangat, kesadaran dan wawasan kebangsaan ASN. Sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

“Bapak dan ibu jangan lupa berikan contoh hidup yang basajan atau sederhana. Jangan berlebihan, silakan manfaatkan fasilitas yang disediakan dengan sewajarnya. Yang paling penting manfaatkan semua kemudahan yang diberikan oleh pemerintah sebagai alat bantu untuk meningkatkan kinerja,” pintanya.

Dirinya juga berpesan, agar ASN sebagai pejabat pemerintah memiliki nilai-nilai yang harus diamalkan yaitu nilai ke-sajatian. PNS dan pegawai di lingkup Pemkab Kuningan harus mencerminkan tiga sifat dasar yakni santana, basajan dan santika.

“Sebagai pegawai yang santana, bapak dan ibu harus merakyat, egaliter, tanpa sekat, mampu mengamalkan ilmu pengetahuan sebagai modal darma bakti kita kepada masyarakat. Ayo buktikan kiprah bapak dan ibu sekalian, kita membutuhkan pegawai yang pandai, cerdas, berdedikasi dan semua itu dilandasi oleh nilai-nilai akhlak yang baik,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Drs Agus Basuki MSi menuturkan, peserta kegiatan ini terdiri dari pejabat struktural di tiap kecamatan yaitu Ciawigebang, Cipicung, Kalimanggis dan Cidahu.

“Kegiatan untuk meningkatkan pembinaan ASN yang diorientasikan kepada kemampuan, kesetiaan, pengabdian dan tanggung jawab ASN terhadap negara. Ini salah satu usaha untuk mengimbangi laju pembangunan di era milenial sekarang ini,” singkatnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait