Harga Cabai dan Telur Meroket, Disinyalir karena Faktor Cuaca dan Permintaan Konsumen

Rabu 17-11-2021,10:55 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Menjelang akhir tahun 2021, sejumlah harga kebutuhan masyarakat kembali merangkak naik. Setelah minyak goreng, kini komoditi cabai merah dan telur ikut merangkak naik.

Pantauan di Pasar Kepuh Kuningan, harga minyak goreng curah saat ini masih berkisar di Rp18.500 per kilogram, sementara harga telur yang beberapa waktu lalu sempat anjlok di kisaran Rp18.000 kini melonjak menjadi Rp25.000 per kilogram. Cabai merah dari Rp20.000 kini naik menjadi Rp30.000 per kilogram.

\"Minyak goreng curah maupun kemasan sudah lebih dari sebulan ini harganya tinggi. Tapi untuk cabai merah dan telur baru sekitar sepekan ini,\" ungkap Arisman, petugas pemantau harga Dinkopdagperin di Pasar Kepuh, kemarin.

Arisman mengatakan, kenaikan harga cabai merah diduga disebabkan karena faktor cuaca yang saat ini musim hujan hingga berdampak pada hasil panen petani. \"Selain membuat hasil panen berkurang, cuaca yang kurang bersahabat juga berpengaruh pada mobilitas pengangkutannya sehingga berdampak pada biaya angkut yang harus ditanggung petani,\" ungkap Arisman.

Sementara itu, Arisman mengaku terkait kenaikan harga telur belum mendapat informasi apa penyebabnya. Namun demikian, kata Arisman, kenaikan harga telur memang kerap terjadi pada musim perayaan Maulid Nabi seperti sekarang.

\"Kenaikan harga telur masih terbilang wajar. Karena, meski harganya sempat turun tapi harga normalnya di kisaran Rp22.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp25.000. Mungkin karena ada peningkatan permintaan konsumen pada musim perayaan Muludan, sedangkan stok terbatas,\" ujarnya.

Namun demikian, dikatakannya, sebagian besar harga kebutuhan masyarakat saat ini masih terbilang stabil. Baik harga daging, sayuran maupun bahan kebutuhan pokok seperti beras, terigu, gula pasir dan terigu tidak terjadi kenaikan harga.

Disebutkan, untuk komoditi sayuran seperti bawang merah dan bawang putih saat ini masih stabil di harga Rp25.000, cabai rawit Rp17.000, wortel Rp8.000, kol dan tomat Rp5.000 serta timun Rp6.000 per kilogram. Sementara harga daging ayam saat ini normal di harga Rp33.000 per kilogram dan daging sapi Rp115.000. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait