Peserta Termuda, Anak Mantan Anggota Dewan Ramaikan Persaingan

Kamis 18-11-2021,10:47 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Sejumlah rider cilik meramaikan kejuaraan olahraga ekstrem sepeda BMX tingkat Jawa Barat. Peserta yang ambil bagian dalam event ini lumayan banyak. Apalagi pihak panitia menyediakan hadiah yang cukup menarik bagi pemenangnya

Mumuh Muhyidin, Kuningan

Kegiatan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat tersebut dipusatkan di Bikepark Lapangan Pandapa Paramartha, Selasa (16/11).

Salah satu rider sepeda BMX paling cilik asal Kabupaten Kuningan, yakni Nabawi Al Hakim Haidar yang biasa dipanggil Jalu atau Adik Al. Meski usianya baru 6 tahun, ternyata Jalu sudah memiliki hobi bersepeda sejak usianya menginjak 3 tahun.

Saat mengetahui akan ada ajang kejuaraan olahraga ekstrem freestyle sepeda BMX tersebut, sehari sebelumnya Jalu sudah merengek kepada kedua orang tuanya agar dia didaftarkan kepada panitia. Dengan penuh semangat setelah didaftarkan, Jalu tanpa ragu dan sungkan ikut bergabung dengan ratusan pencinta sepeda BMX dari berbagai daerah di Jawa Barat dalam ajang tersebut.

Jalu pun dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, beratraksi di depan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dan para tamu undangan saat pembukaan kegiatan. Sontak saja banyak mata penonton yang kagum melihat kelihaian anak kecil tersebut dalam memainkan sepeda BMX-nya, dengan pengamanan lengkap di tubuh mungilnya itu.

Saat terpanggil untuk tampil di area Bikepark Lapangan Pandapa Paramartha, Jalu pun dengan penuh semangat langsung memacu sepeda kecilnya di bawah pengawasan kedua orang tua dan panitia. Meski belum selihai para biker dewasa sepeda BMX, namun Jalu dipandang sudah memiliki kemampuan luar biasa dengan hobi freestyle sepeda BMX tersebut.

Anak bungsu dari pasangan H Uus Yusuf SE dan Dewi Melyani SIP MSi yang berdomisili di Jalan Eyang Weri Nomor 38 RT 03 RW 03 Kelurahan Awirarangan Kecamatan Kuningan, ini ternyata sudah sering berlatih di lapangan Pandapa Paramartha bersama teman-teman Jalu yang sama-sama menyukai olahraga tersebut.

“Sehari sebelumnya belum kepikiran ikut ajang BMX freestyle se-Jabar ini. Tapi anak saya katanya ingin ikutan, apalagi Jalu sering ikut latihan bersama rekan-rekan sesama rider di Pandapa. Saya langsung daftarkan dia ke panitia,” ujar Uus, mantan anggota DPRD Kabupaten Kuningan ini di lokasi kegiatan. 

Menurut Uus, Jalu yang lahir 30 Januari 2015 itu, tidak hanya memiliki hobi bersepeda BMX, melainkan juga sudah sering berlatih dalam hobi olahraga ektrem lainnya, seperti motor trail. Sebagai orang tua, Uus mengaku tidak bisa melarang hobi anaknya itu, dan bahkan ia sering membimbingnya secara langsung untuk menyalurkan bakat sang buah hati.

”Saya pastinya harus membimbing Jalu secara langsung untuk menyalurkan hobinya. Anak saya ini tidak hanya hobi sepeda BMX dan motor Trail, tapi dia juga hobi berenang, main kucing, ngala keuyeup (mengambil kepiting, red). Alhamdulillah mengaji juga tidak terganggu. Bahkan dia punya prestasi, pernah juara 1 model Catwalk dan juara 1 lomba Azan di SD Tahfizh Graha Quran,” ujar Uus, yang juga mantan Ketua DPC PPP Kuningan.

”Kalau untuk latihan sepeda BMX ini, saya tiap Minggu pagi pasti ke sini (Lapangan Pandapa Paramartha, red). Saya duduk-duduk di sini, kadang sambil ngantuk. Anak saya mah sepedaan,” imbuhnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait