Anak Prabu Siliwangi dari Putri Cantik Nyi Kentring Manik dan Keruntuhan Pajajaran

Kamis 03-02-2022,11:54 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Anak Prabu Siliwangi diduga sangat banyak. Pasalnya, diriwayatkan Sri Baduga Maharaja menikah dengan 151 istri.

Ada juga yang menyebut, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi menikah 56 kali dan memiliki banyak anak.

Namun dari puluhan bahkan ratusan istri tersebut hanya tiga yang dikenal publik. Dari ketiga istri itu, lahir sejumlah anak Prabu Siliwangi.

Salah satu yang terlacak adalah pernikahan dari istri Nhay Kentring Manik Mayang Sunda dengan anak pertama Prabu Surawisesa.

Prabu Surawisesa (Raden Sanghyang) yang menikah dengan Ratu Kiranawati memiliki 3 putra.

Pertama, Dewata Buana alias Ratu Dewata yang menjadi penguasa di Pakuan Pajajaran yang berputra Ratu Sakti dan Mayangsari, sedang Ratu Sakti berputra ratu Nilakendra

BACA JUGA:

·  Sekda Kota Cirebon: Kantin Sekolah Tidak Boleh Buka, Tapi…

·  Keangkeran Balai Kota Cirebon Bikin Merinding, dari Suara Perempuan Menangis hingga Penampakan Noni Belanda

Kedua, Raden Jayaraksa memimpin masyarakat Luragung dengan gelar Ki Gedeng Luragung.

Raden Jayaraksa memimpin masyarakat Luragung dengan gelar Ki Gedeng Luragung kemudian menikah dengan Nyi Ageng Larasati.

Dari pernikahan ini, memiliki anak Adipati Kuningan Raden Suranggajaya seorang putra angkat Sunan Gunung Jati dan Putri Tiongkok Ong Tien (Ratu Rara Semanding) putri Kaisar Hong Gie dari dinasti Ming.

Permaisuri Prabu Surawisesa adalah Dewi Kania atau Kinawati atau Ratu Kiranawati alias Sekarwangi alias Ratu Kebagusan alias Ratu Tanjung Jaya seorang Ratu kerajaan Tanjung Barat.

Kerajaan Tanjung Barat terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekarang. Kinawati adalah puteri Mental Buana, cicit Mundingkawati yang kesemuanya penguasa di Tanjung Barat.

Dalam naskah lontar Carita Parahyangan, hanya menyebut wilayah tersebut sebagai \"Tanjung\".

Tags :
Kategori :

Terkait