10 OPD Berkinerja Buruk di Kabupaten Kuningan Dalam Pembinaan Tim Evaluasi

Selasa 16-08-2022,12:00 WIB
Reporter : Alehandro Malik
Editor : Asep Kurnia

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Sebanyak 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kuningan, mendapat nilai buruk dalam berkinerja.

10 OPD tersebut, dinilai berkinerja buruk terkait capaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 Kabupaten Kuningan.

Penilaian terhadap OPD ini, dilakukan langsung Tim Pengendalian dan Evaluasi Pencapaian Program dan Kegiatan. 

Saat ini, 10 OPD yang memiliki kinerja kurang memuaskan itu, sudah berada di kantong Bupati Kuningan, H Acep Purnama.

BACA JUGA:Bejat, Kakak Adik di Lebakwangi Cabuli Anak 14 Tahun, Kedua Pelaku Merupakan Oknum Guru Ngaji

Sekretaris Tim Pengendalian dan Evaluasi Pencapaian Program dan Kegiatan, Dr Ukas Suharfaputra MP mengatakan, Bupati dan Wabup Kuningan ingin mengetahui sejauh mana roda birokrasi bekerja sesuai visi misi.

"Apakah roda birokrasi ini berjalan pada pencapaian visi misi atau melenceng dari visi misi atau jauh daripada harapan," kata Ukas Suharfaputra.

Ukas mengemukakan, di awal kepemimpinan Bupati dan Wabup pada tahun 2018 lalu, sudah membuat pernyataan tentang visi misi RPJMD 2018-2023.

"Bahkan sudah ditetapkan dalam Perda No 7 Tahun 2018 yang kemudian direvisi oleh Perda No 3 Tahun 2021 karena ada pandemi Covid-19," terang Ukas.

BACA JUGA:Fenomena Hujan Es di Kuningan Diprediksi Bakal Terjadi Lagi, di Desa Kramatmulya Atap Rumah Rusak

Karena ada pandemi Covid-19, membuat situasi berubah, oleh karena itu dilakukan penyesuaian tentang RPJMD.

“Untuk mengetahui sejauh mana capaian yang telah dilakukan oleh OPD, Pak Bupati membentuk tim Berdasarkan SK Bupati No. 912/KPTS.407-Adm Pemb/2022, tanggal 8 Juni 2022, tentang Tim Pengendalian dan Evaluasi Pencapaian Program dan Kegiatan Berdasarkan Target RPJMD Tahun 2018-2023 Kabupaten Kuningan," kata Ukas yang juga menjabat sebagai Asda II Setda Kuningan ini.

Diungkapkan Ukas, tim ini diperintahkan oleh bupati untuk melakukan evaluasi berjalan (on-going) terhadap pelaksanaan program atau kegiatan di seluruh SKPD. 

Evaluasi ditekankan pada aspek keberhasilan program atau kegiatan dalam mencapai target-target RPJMD selama tiga tahun terakhir (2019-2021). 

BACA JUGA:Kemiskinan Ekstrem dan Pengangguran di Kabupaten Kuningan Masih Tinggi, Anggota Dewan Sentil Alokasi PAD

Kategori :