6 Cara Grooming Kucing Kampung atau Domestic, Tanpa Harus Pergi ke Pet Shop

Rabu 22-11-2023,15:27 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

RADARKUNINGAN.COM - Berikut ini adalah 6 Cara Grooming Kucing Kampung atau Kucing Domestik dari rumah secara mandiri, tanpa harus pergi ke Pet Shop. Simak caranya disini!

Kucing sendiri umumnya merupakan hewan peliharaan yang sangat bersih dan rajin untuk menjaga kebersihan diri mereka seracara apik.

Namun, beberapa kucing seperti Kucing Kampung atau Kucing Domestik mungkin tidak dapat membersihkan diri mereka sendiri secara keseluruhan.

Karena jika tidak bersih, tubuh mereka berpotensi untuk memiliki kutu atau bulu yang sangat panjang dan terlihat tidak terawat.

Namun, dengan menjaga bulu kucing dan merawat kebutuhan kebersihan lainnya seperti memotong kuku, kamu dapat menjaga kucing peliharaan kamu tetap terawat, bersih, dan juga rapih.

BACA JUGA: 4 Cara Mengawinkan Kucing di Masa Kawin, dengan Baik dan Benar!

Peralatan yang disiapkan:

  • Sisir kucing lembut.
  • Sikat bulu kucing.
  • Gunting untuk bulu kucing (jika diperlukan).
  • Gunting kuku kucing.
  • Lap basah dan handuk.

1. Sikat Bulu Kucing

Kucing memiliki 2 jenis bulu ada yang pendek dan juga yang panjang. Meskipun kucing akan merawat bulunya sendiri, menyikatnya dapat menjaga bulunya tetap lebat dengan menghilangkan kotoran, minyak, dan bulu mati.

Selain itu, menyikat kucing kita dapat menjadi pengalaman ikatan yang menyenangkan bagi kalian berdua.

Untuk sisir, disarankan untuk menggunakan sisir logam atau sikat karet khusus kucing untuk menyikat bulu kucing.

Kemudian, umumnya kucing disarankan untuk disisir atau disikat selang sekali atau dua kali seminggu, atau lebih. Jika ia memiliki bulu panjang atau sedang mengalami kerontokan bulu, maka bisa lebih dari dua kali penyisiran.

Perlu diingat bahwa kucing umumnya tidak suka dibatasi gerakannya. Maka dari itu mendekatlah perlahan dan pegang dia dengan lembut saat kamu ingin menyikatnya.

Kamu juga bisa menyikatnya ketika dia sedang tidur atau duduk di pangkuanmu, tetapi berhati-hatilah agar tidak membangunkannya, sikatlah dengan lembut menggunakan tenaga secukupnya.

Kita juga bisa memberikan pujian pada mereka setelah kita sikat, dengan memberikan camilan saat kita terus menyikatnya.

Kategori :