Oh Ternyata! Ada Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bisa Membuat Sakit

Senin 27-11-2023,01:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

RADARKUNINGAN.COM - Ikan adalah makanan kucing alami dan jenis felix silvestris alias kucing liar biasa untuk mendapatkannya.

Namun, ternyata ada beberapa jenis ikan yang justru tidak cocok untuk makanan kucing. Khususnya auntuk anabul yang menjadi hewan peliharaan.

Meski kucing merupakan hewan karnivora yang membutuhkan protein hewani, tetapi tidak semua jenis ikan cocok dikonsumsi.

Kemudian ketika menjadi hewan peliharaan, pastikan kucing mengonsumsi ikan dalam kondisi sudah dimasak. Bukan masih mentah 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Ikan yang Cocok untuk Makanan Kucing Kampung, Tuna, Salmon hingga Lele

Adapun jenis ikan yang tidak boleh dimakan kucing: 

1. Ikan Mentah

Kucing sangat menyukai yang namanya ikan sebagai makanannya, namun kita sebagai pemilik harus selektif saat memberi ikan yang akan dimakan kucing, apalagi jika ikan tersebut dalam kondisi masih mentah.

Ikan yang masih mentah sangat berbahaya bagi kucing karena kandungan bakteri serta beberapa ikan laut memiliki kadar merkuri yang tinggi, seperti ikan tuna.

Ikan mentah juga mengandung enzim thiaminase yang bisa menghancurkan senyawa vitamin B1, zat yang sangat dibutuhkan oleh kucing. Jadi kalo mau ngasih kucing makan ikan, pastikan ikan dimasak terlebih dahulu.

BACA JUGA:Ada Kejutan di Final, Bellinda Juara MasterChef Indonesia Season 11, Kalahkan Kiki dan Selisih 10 Poin

2. Ikan Tuna

Sebenernya kucing suka sekali makan ikan tuna. Boleh saja jenis ikan ini dikonsumsi sesekali oleh kucing tetapi jangan terlalu sering karena ikan tuna mengandung merkuri.

Jika sering di konsumsi dapat menyebabkan kerusakan saraf, ruam, gangguan penglihatan, dan sulit berjalan.

Selain itu, tuna juga tidak mengandung cukup nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk tetap sehat. Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan kejang, terutama pada kucing tua.

Kategori :