Panjang Tubuh 1 Meter, Hasil Persilangan Macan Tutul dan Kucing Biasa, Jadilah Hewan Eksotis Ini

Minggu 03-12-2023,03:51 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

RADARKUNINGAN.COM - Memiliki panjang tubuh 1 meter dan berat badan 12 sampai dengan 14 kilogram, kucing ashera menjadi salah satu hewan peliharaan terbesar yang ada di rumah.

Morfologi kucing ashera yang unik merupakan hasil persilangan dari spesies kucing besar yakni macan tutul asia, macan tutul bengal, serval afrika dan kucing lokal.

Fakta menariknya adalah, persilangan dari 4 spesies ini, kucing ashera memiliki ciri unik yakni ukuran tubuh yang mendekati macan tutul. Berikut dengan pola pada tubuhnya.

Tetapi secara perilaku, kucing ashera mengadaptasi kucing lokal atau jenis kucing kampung yang biasa hidup berdampingan dengan manusia.

BACA JUGA:6 Fakta Kelam dan Unik di Balik Kucing Ashera yang Mirip dengan Macan Tutul, Hasil Persilangan Macan Tutul

Sehingga untuk yang ingin memelihara kucing mahal ini sebagai hewan peliharaan tidak perlu khawatir, karena umumnya memiliki perilaku tenang dan seperti kucing ras maupun kucing kampung lainnya.

Uniknya, kucing ashera juga mampu berinteraksi dengan baik dengan hewan peliharaan lain yang ada di rumah seperti anjing, kucing, hamster bahkan ikan.

Fakta unik lainnya adalah secara umum dari sisi ukuran dan berat badan, kucing ini memang terbilang besar. Bahkan lebih mirip dengan ukuran anjing.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 1 meter pada ukuran dewasa. Kemudian berat badan mencapai 12 sampai dengan 14 kilogram.

BACA JUGA:3 Efek Samping Makanan Basah Kucing Dapat Mengganggu Kesehatan, Anda Harus Tahu!

Keunikannya adalah kucing ini memiliki pola tutul seperti macan tutul. Kemudian pada jenis snow ashera, tubuhnya didominasi warna putih dan beracak cokelat.

Lantaran keunikannya, kucing ashera tidak bisa didapatkan sembarangan. Sebab, ada perusahaan khusus yang menjualnya dan setiap tahun hanya diproduksi 5 ekor saja.

Tidak hanya itu, untuk menghindari percampuran genetik lebih lanjut dengan kucing jenis lain, kucing ashera juga dijual dalam kondisi sudah dilakukan stereilisasi.

Sehingga kucing ini tidak dapat dikembangbiakan secara sembarangan. Mengingat keberadannya adalah hasil percampuran dari 3 spesies yang telah diulas di awal artikel ini.

BACA JUGA:Makanan Basah Atau Kering Yang Bagus Untuk Kucing Peliharaan? Terdapat Kelebihan Dan Kekurangannya Loh!

Kategori :