Hukum Membunuh Kucing Tidak Sengaja Apakah Dosa? Mitos Nabrak Kucing Bawa Sial!

Senin 04-12-2023,04:00 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Sering sekali terjadi di jalanan seseorang menabrak kucing hingga mati, sebenarnya membunuh kucing tidak sengaja apakah dosa? Dan bagaimana hukumnya?

Kucing memang sering kali dijadikan sebagai hewan peliharaan seseorang, tapi tidak semua kucing bernasib sama dan banyak sekali kucing jalanan atau yang tersebar di jalanan.

Bahkan tidak jarang bagi mereka yang mati di jalanan karena tertabrak kendaraan atau karena kejadian tidak terduga lainnya.

Situasi yang tidak terduga, seperti membunuh kucing secara tidak sengaja, dapat menjadi pengalaman yang sulit dan memilukan. 

BACA JUGA:Murah Tapi Nggak Murahan, Ini 5 Rekomendasi Makanan Kucing Kering, Tetap Kaya Nutrisi

Apalagi mengingat bahwa kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW dan menjadi salah satu hewan yang haram hukumnya dibunuh.

Mengingat betapa pentingnya hewan peliharaan bagi banyak orang, pertanyaan etis tentang apakah tindakan ini dianggap dosa atau tidak sering muncul.

Lalu, bagaiaman hokum membunuh kucing tidak sengaja apakah dosa? Dan bagaimana dari kacamata hokum Indonesia sendiri?

Membunuh Kucing Tidak Sengaja Apakah Dosa?

Dilansir dari laman resmi NU Online, banyak pengendara yang menabrak dan melindas kucing dengan tidak sengaja yang menyebabkannya luka atau bahkan sampai meninggal.

BACA JUGA:Kapan Kucing Bisa Makan Makanan Kering? Inilah Jenis Makanan Kucing Sesuai Usianya

Dan jawaban dari membunuh kucing tidak sengaja apakah dosa? Dijelaskan bahwa pengendara tidak terkena dosa terkait elemen tanpa kesengajaan ini. 

Seperti yang dijelaskan dalam Al Quran berikut ini, yang artinya:

"Dan tidak ada dosa atasmu jika kamu khilaf tentang itu, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Al-Ahdzab: 5)

Namun bukan berarti kalian yang menabrak atau menyebabkan kucing tersebut terluka atau bahkan sampai mati tersebut dapat pergi meninggalkan si kucing yang tergeletak.BACA JUGA:Makanan untuk Kucing Usia 1 Bulan, Ini yang Perlu Diketahui agar Tumbuh Kembangnya Bagus

Konsekuensi dari ketidaksengajaan tersebut kalian dianjurkan untuk mengubur korban kucing yang meninggal untuk menghindari bangkai kucing di tengah jalan karena berkemungkinan menjadi bakteri dan mengganggu kesehatan.

Benarkah Menabrak Kucing Membawa Kesialan?

Kategori :