Bolehkah Mendoakan Kucing yang Sudah Mati Dalam Islam? Ini Dia Penjelasannya!

Senin 11-12-2023,14:18 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Apakah kalian pernah ditinggal mati hewan peliharaan kalian, kucig misalnya. Dan menurut islam sendiri bolehkan mendoakan kucing yang sudah mati?

Nah dalam Islam sendiri, kucingadalah hewan peliharaan yang banyak disukai karena kucing merupakan hewan kesayangan nabi Muhammad SAW yang mana adalahb suri tauladan umat Muslim di seluruh dunia.

Kecintaannya seseorang terhadap kucing membuat orang tersebut tidak rela untuk ditinggal hewan peliharaan kesayangannya tersebut.

Tapi, kucing bukanlah manusia yang sama seperti kita, sehingga bolehkah mendoakan kucing yang sudah mati? Jika ada apa doanya?

BACA JUGA:Kucing Boleh Makan Buah? Apa Buah yang Tidak Boleh Dimakan Kucing? Simak Sampai Habis!

Seperti yang sudah kita semua tahu bahwa sebagai pemiliknya, bila mana kucing peliharaannya mati, maka sudah menjadi kewajibannya untuk menguburkannya.

Dan setelah kalian menguburkannya sesuai dengan petunjuk dan caranya yang benar, kalian bisa membacakan doa untuknya.

Apa Doa untuk Kucing yang sudah Meninggal?

Mengubur kucing yang meninggal adalah cara untuk memuji Tuhan Allah SWT. Anda juga dapat mendoakannya. Hukuman untuk mendoakan kucing yang telah meninggal adalah wajar.

Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk kucing yang meninggal; sebaliknya, doa-doa ini biasanya ditujukan kepada sang pemilik kucing yang sedih dan sulit untuk pergi.

BACA JUGA:Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Ini Tandanya Anabul Mengeong di Malam Hari

Jadi, apabila kalian memelhiara kucing di rumah dan mengalami gamon karena kucingnya sudah meninggal, kalian bisa membaca doa berikut untuk mengahapus rasa sedih kalian.

“Laa ilaaha illallah wallahu akbar, laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, laa ilaaha illallah lahul mulku wa lahul hamdu, laa ilaaha illallah wa laa haula wa laa quwwata illa billaah.”

Artinya:

"Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Dia Maha besar, Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata-mata Dia dan tiada sekutu bagi-Nya. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah hanya milikNya kerajaan dan segala puji. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan tiada daya maupun kekuatan kecuali dengan Allah."

Apa yang Terjadi Setelah Kucing Meninggal

Kalian sebagai pecinta kucing perlulah tahu bahwa kucing tidak masuk surga karena konsep surga adalah untuk makhluk Allah SWT, yaitu manusia.

Kategori :