Tidak Perlu di Steril, Ini Dia 6 Cara Mencegah Kucing Hamil dan Tidak Sembarangan Kawin

Senin 08-01-2024,18:05 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah salah satu hewan yang seringkali beranak dan berkembang biak, tidak hanya melahirkan 1 atau 2 anak kucing , kucing betina bisa melahirkan lebih dari 4 anak dalam sekali hamil.

Banyak pemilik kucing yang mengeluhkan kucing peliharaanya yang kerap kali atau terus-terusan hamil dan beranak.

Memilih untuk di steril dan kebiri adalah hal yang tepat, namun tidak semua orang yang memelihara kucing dapat membawa kucingnya ke dokter kucing entah itu dari segi biaya ataupun karena jaraknya yang jauh.

Ada cara mencegah kucing hamil dan tidak sembarangan kawin dengan kucing lain, ternyata cara ini efektif untuk dilakukan lho.

BACA JUGA:Gak Perlu Dikebiri! inilah 5 Cara Mencegah Kucing Betina Hamil Tanpa Steril

Berikut 6 Cara Mencegah Kucing Hamil

1.Jauhkan Kucing Betina dari Kucing Jantan.

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menghindari kehamilan kucing.Ketika kucing Anda sedang berahi, dia akan tampak lebih bersemangat di hadapan kucing jantan.

Jangan biarkan dia berkeliaran di luar sama sekali, dan tutup semua jendela dan kunci semua pintu, termasuk pet flaps (pintu kecil yang dipasang pada pintu/dinding rumah untuk keluar masuk binatang peliharaan).

Untuk membuat kucing Anda tetap tenang (dan mencegah dia bunting), Anda harus menjauhkannya dari semua kucing jantan.

Cara ini juga akan membuatnya tetap aman - dia mungkin akan mencoba untuk melarikan diri dari rumah Anda jika dia merasakan kehadiran kucing jantan yang ada di luar.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Agar Kucing Tidak Hamil? Yuk Simak 5 Cara Mencegah Kucing Hamil yang Aman Bisa Dicoba

2.Berikan sesuatu Yang hangat

Meskipun tidak menjamin keberhasilannya, beberapa orang mendapati bahwa dengan memberikan kucing sebuah heat pack (semacam alat untuk menghangatkan tubuh), atau sebuah handuk basah yang hangat untuk dia duduk, akan membuatnya diam dan tenang

3.Masukan Ke Kandang Khusus

Apabila tidak ingin kucing kita yang sedang birahi tersebut melakukan perkawinan dengan kucing lawan jenis, maka kandang khususnya harus benar-benar tertutup tanpa ada akses untuk kucing lain mendekat.

Kucing betina yang tengah birahi biasanya akan mengeong sangat keras dengan tujuan untuk menarik perhatian kucing jantan.

Tidak hanya itu saja, kucing betina yang birahi juga mengeluarkan bau khas yang memikat kucing jantan. Apabila kedua kucing tersebut saling tertarik, maka mereka akan melakukan perkawinan.

BACA JUGA:Ketahui Bahaya Virus yang Dibawa Kucing untuk Ibu Hamil, Jaga Kebersihan Hewan Peliharaan

4.Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Cara mengatasi kucing birahi selanjutnya adalah dengan rutin menjaga kebersihan kandang kucing, terutama dalam hal pasir tempat membuang kotoran.

kucing yang tengah merasa birahi biasanya aroma pada air kencingnya akan berbeda. Aroma tersebut juga memancing kucing lawan jenis lho supaya mendekatinya.

5.Seringlah Bermainlah dengan kucing Anda

Bermain dengan kucing dapat mengalihkan perhatiannya untuk sementara, tetapi dia akan sering kembali mengeong dengan suara khas setelah Anda selesai bermain dengannya.

Belaian, garukan, atau sikatan pada punggung bawah (pangkal ekor) kucing Anda bisa lebih efektif dalam menenangkan kucing jika sebelumnya dia sudah cukup tenang untuk membiarkan Anda melakukan hal tersebut.

BACA JUGA:6 Penyakit yang Umum Terjadi Pada Kucing Kampung, Ada yang Bisa Menular pada Manusia Loh

6.Gunakan Aroma terapi di Kandangnya

Tidak hanya manusia saja kok yang bisa menggunakan wewangian aroma terapi, tetapi kucing pun juga bisa. Cara mengatasi kucing birahi yang satu ini ternyata secara tidak langsung mampu meredakan birahi sang kucing.

Jika ingin memberikan aroma terapi di kandangnya, pilihlah aroma catnip dan feliway karena dapat membuat kucing merasa tenang.

Apabila kucing telah merasa tenang, maka mereka tidak akan mengeong lagi untuk beberapa jam.

Kategori :