Wajib diketahui Pemilik Kucing Betina! Ini 5 Cara Untuk Mencegah Kucing Hamil Tanpa Steril di Rumah

Rabu 10-01-2024,13:32 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

RADARKUNINGAN.COM - Simak 5 cara untuk mencegah kucing hamil tanpa steril, yang dapat dijadikan sebagai langkah alternatif untuk para pemilik kucing, khususnya kucing betina.

Kucing betina yang tidak di steril atau dikebiri, secara normal akan memasuki siklus birahi mereka pada umur 4 hingga 6 bulan.

Untuk itu, jika kita sebagai pemilik hewan peliharaan tidak ingin mereka hamil. Sangat disarankan untuk melakukan sterilisasi sedini mungkin.

Namun, tentunya tidak semua pemilik kucing akan setuju untuk mengkebiri atau mensterilsasi kucing peliharaan mereka.

BACA JUGA:5 Cara Untuk Menghentikan Kucing Birahi yang Berisik, dengan Mudah dan Aman

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mencegah kucing hamil tanpa steril, yang bisa dilakukan di rumah secara mudah.

1. Memisahkan Kucing Betina dan Kucing Jantan

Jika kamu memiliki lebih dari 1 kucing, terutama jika mereka jantan. Sudah sewajarnya kamu memisahkan mereka dari satu sama lain.

Karena kucing betina yang sedang birahi, pasti akan selalu berusaha mengundang para kucing jantan untuk mengkawinkan mereka.

Oleh karena itu, dengan memisahkan kucing betina dan kucing jantan, pastinya akan membuat kucing betina jauh lebih tenang dan tidak terlalu agresif.

BACA JUGA:Selain Steril Terdapat 4 Solusi Lain Mencegah Kehamilan Pada Kucing Betina, Dapat Dilakukan Di Rumah Loh!

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti menempatkan mereka di kandang masing-masing, atau memberikan mereka ruang pribadi masing-masing seperti kamar yang terpisah.

2. Berikan Dudukan atau Tempat yang Hangat Untuk Kucing Betina

Cara untuk mencegah kucing hamil tanpa steril selanjutnya, adalah dengan cara memberikan kucing betina dudukan atau tempat yang hangat.

Spesifiknya, kamu bisa meletakan handuk yang telah diberikan air hangat, lalu meletakannya tepat di alat genital kucing betina-mu. 

Kategori :