Waspada! Inilah Macam-Macam Penyakit Kucing Kampung Yang Berbahaya Bagi Manusia, Ternyata Bisa Menular!

Minggu 14-01-2024,21:30 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Memiliki hewan peliharaan seperti kucing ternyata butuh perhatian dan juga perawatan yang extra.

Terutama bagi kalian yang memelihara kucing kampung atau kucing liar yang belum dilakukan vaksinisasi atau strelisisasi ternyata mudah terkena penyakit lho.

Macam-macam penyakit kucing kampung memang sebagian besar ada yang ringan tetapi ada juga yang berbahaya bagi manusia selaku pemiliknya lho.

Untuk itu sebaiknya sebelum memelihara hewan baik itu kucing ataupun anjing sebaiknya melakukan vaksin dan juga pengecekan ke dokter hewan secara rutin sebelum kita memeliharanya di rumah.

Selain itu penting untuk menjaga konsumsi makanan kucing kita agar kucing sehat dan terhindar dari penyakit.

BACA JUGA:Waspadai! Inilah 5 Penyakit Kucing Berbahaya Yang Bisa Menular Kepada Manusia Lho, Apa saja?

Berikut Macam-macam 5 Penyakit Kucing Kampung Yang Berbahaya Bagi Manusia

1.Rabies 

rabies adalah virus yang menyerang sistem saraf. Rabies dapat menular ke manusia lewat gigitan kucing yang terinfeksi virus.

Virus akan bergerak melalui lokasi gigitan ke sepanjang saraf sampai ke otak. Masa inkubasi bisa berlangsung berminggu-minggu sampai bulan. Seiring dengan perkembangan virus, gejala yang dapat terjadi adalah halusinasi, kecemasan, perilaku takut air. 

Setelah tanda klinis muncul, penyakit ini dapat berakibat fatal. Lakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan Anda. 

Meskipun dari banyaknya kasus rabies terjadi pada anjing ternyata kucing dan juga monyet juga memiliki peluang untuk terkena penyakit ini.

BACA JUGA:Macam-Macam Penyakit Kucing Kampung Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memeliharanya

2.Kutu 

Kutu dari kucing dapat berpindah kepada manusia. Tungau Sarcoptes scabiei sering ditemukan pada hewan peliharaan dan ditularkan ke manusia melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi. 

Kategori :