Apakah Dosa Membuang Kucing Peliharaan Menurut Pandangan Islam, Ini Hadits dan Dalilnya

Selasa 16-01-2024,14:00 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Kucing merupakan hewan peliharaan dengan populasi yang sangat banyak, bagaimana tidak, sekalinya melahirkan kucing bisa melahirkan lebih dari 2 anak kucing.

Terkadang banyak orang yang memutuskan untuk membuang kucing peliharaan karena repot untuk merawat banyaknya kucing.

Lalu, bagaimana Islam memandang hal ini? Apakah dosa membuang kucing peliharaan? Ternyata ini hukumnya sesuai dengan hadits dan dalil shahih.

Memang jika melihat melalui moral membuang kucing peliharaan ke tempat yang tidak pasti ia dapat bertahan hidup adalah hal yang dilarang.

BACA JUGA:Memiliki Visual Cantik, 6 Tanaman Hias ini Berbahaya untuk Kucing, Bisa Bikin Kucing Keracunan Lho!

Tapi dalam Islam sendiri, segala hal yang mendatangkan mudharat atau keburukan perlu dihindari.

Apakah overpopulasi kucing juga termasuk sebagai kemudharatan? Nah, mari kita simak bersama mengenai hal ini, apakah dosa membuang kucing peliharaan?

Apakah Dosa Membuang Kucing Peliharaan Dalam Islam?

Kucing memainkan peran penting dalam budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Muslim karena merupakan hewan yang sering menemani manusia.

Hadis menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW mencintai kucing dan mengajarkan pengikutnya untuk memperlakukan mereka dengan baik.

BACA JUGA:Bikin Kucing Bahagia dan Sehat, Inilah 5 Macam Tanaman yang Disukai Kucing, Cat Lovers Sudah Tahu?

Akibatnya, memahami hukum Islam tentang membuang kucing sangat penting agar umat Muslim dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan ajaran agama mereka. 

Sebenarnya hokum mengenai hal ini memang tidak diatur secara spesifik dalam ajaran agama Islam, sehingga masih memerlukan beberapa syarat dan alasan untuk menerapkannya.

Di samping ajaran Islam yang menekankan pentingnya memelihara dan saing melindungi semua makhluk hidup, termasuk hewan seperti kucing yang mana dalam Islam sendiri kucing adalah hewan yang suci.

Dan dalam Islam juga mengajarkan bahwa memelihara hewan termasuk kucing memerlukan tanggung jawab penuh terhadapnya.

BACA JUGA:Berapa Lama Kucing Bisa Bertahan Tanpa Makan? Jangan Biarkan Anabul Puasa!

Kategori :