Jangan Salah! Apakah Kucing Buta Warna? Ternyata Mata Kucing Cuma Bisa Melihat 3 Warna Ini

Rabu 06-03-2024,13:36 WIB
Reporter : Herdi Dwitama
Editor : Herdi Dwitama

RADARKUNINGAN.COM – Kucing adalah hewan peliharaan yang banyak disukai orang dan dikenal memiliki indera yang tajam, contohnya mata yang bisa melihat dalam gelap.

Tapi tahukah kalian di balik kelebihannya tersebut, mata kucing memiliki kelemahannya sendiri, banyak yang mengatakan apakah kucing buta warna, atau hanya tidak bisa melihat warna-warna tertentu saja?

Beredar pengetahuan tentang kucing yang buta warna, sebenarnya kenapa dengan mata kucing, apakah kucing buta warna?

Untuk kalian yang memelihara kucing, pastikan kalian tahu bahwa kucing sebenarnya tidak buta warna, tapi ada beberapa warna yang tidak bisa anabul lihat, lal kucing buta warna apa?

BACA JUGA:Mengapa Kucing Suka Tidur di Depan Rumah? Inilah 5 Alasannya, Ternyata Menganggap Kamu Majikan Lho!

BACA JUGA:Cukup Dua Kali Sehari? Ternyata Ini Waktu yang Tepat Memberi Makan Kucing

Apakah Kucing Buta Warna?

Ada mitos bahwa kucing buta warna. Sebenarnya, kucing memiliki penglihatan yang mirip dengan manusia, tetapi mereka lebih redup dan tidak dapat melihat warna dengan baik.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa, seperti manusia, retina mata kucing terdiri dari kerucut dan batang; kedua jenis sel fotoreseptor ini memengaruhi cara kucing dan manusia melihat dunia.

Jadi, apakah kucing buta warna, tentu saja jawabannya tidak, mata kucing sama halnya dengan mata manusia, namun sedikit berbeda di mana anabul hanya bisa melihat beberapa warna dalam spectrum.

Ini menyebabkan warna yang bisa dilihat oleh mata kucing juga terbatas. Lalu Kucing buta warna apa? Normalnya mata kucing hanya bisa melihat warna biru, hijau, dan abu-abu saja.

BACA JUGA:Ada Bulu Kucing Rontok di Sajadah ketika Shalat, Apakah Shalatnya Sah? Ini Kata Buya Yahya

BACA JUGA:Ini Porsi Makanan Kering Untuk Kucing yang Tepat, Agar Kucing Tidak Meminta Makan Terus-menerus!

Untuk kucing, warna-warna pink, merah, atau ungu bisa terlihat seperti hijau, sementara warna-warna ungu bisa terlihat seperti biru.

Cara Anabul Melihat Warna

Konstruksi mata kucing memengaruhi cara mereka melihat warna. 

Retina (bagian peka cahaya di belakang mata) memiliki dua jenis sel utama: sel batang yang bertanggung jawab atas penglihatan tepi dan malam, dan sel kerucut yang memungkinkan kucing melihat siang hari dan melihat warna. 

Kategori :