Yuk Kenali 5 Ciri Kucing Mengalami Stres, Benarkah Bulu Kucing Rontok Adalah Faktor Kucing Stres? Yuk Simak

Kamis 14-03-2024,16:35 WIB
Reporter : Farhan Prima
Editor : Farhan Prima

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah salah satu hewan yang kerap kali di jadikan hewan peliharaan di rumah.

Populasi kucing yang di pelihara di rumah sudah tidak bisa dihitung lagi bahkan beberapa orang memelihara kucing berjumlah lebih dari 1 ekor.

Sama halnya dengan manusia kucing juga dapat mengalami stres, ciri kucing mengalami stres biasanya kurang diperhatikan oleh para pemilik.

Melansir dari Itenas dalam jurnal yang dibuatnya salah satu hal yang harus diperhatikan pada kucingadalah sifat stress. 

BACA JUGA:Kenapa Kucing Kampung Lebih Pintar Dibandingkan Kucing Ras Peliharaan? Yuk Simak 5 Fakta Unik Kucing Kampung

Mayoritas pemilik kucing mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah feline stress behavior, namun banyak dari mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara mengetahui dan menangani jika kucing peliharaan mereka tersebut sedang merasa sedih cemas bahkan stres.

Berikut 5 Ciri Kucing Mengalami Stres

1.Nafsu Makan Berkurang

Apabila kucing kesayanganmu tidak nafsu makan secara mendadak atau tidak seperti biasanya, apalagi jika ia sudah diberikan makanan favoritnya, kemungkinan kucingmu sedang mengalami gejala stres.

Namun, jika kucingmu susah makan untuk waktu yang cukup lama hingga beberapa minggu, bahkan membuatnya tampak kurus dan berat badannya menurun drastis atau mengalami gejala lain seperti muntah, kamu perlu waspada.

Ini bisa menjadi tanda bahwa kucingmu sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan tertentu, sehingga ia perlu dibawa ke dokter hewan.

BACA JUGA:Bulu Kucing dapat Menyebabkan Kemandulan? Apa Iya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

2.Bulunya Mudah Rontok

Salah satu ciri kucing stres yang paling mudah di lihat dengan mata adalah bulu kucing yang mudah rontok dan mengakibatkan kebotakan pada kucing.

Hal ini dikarenakan pola hidup kucing yang tidak seimbang seperti makan terlambat atau jarang bermain yang memicu stres pada kucing sehingga bulunya mudah sekali rontok.

Kategori :