Bolehkah Memandikan Kucing Dengan Sampo Manusia? Ternyata Begini Penjelasannya

Selasa 02-04-2024,08:05 WIB
Reporter : Sopa Sophia
Editor : Sopa Sophia

RADARKUNINGAN.COM- Tidak jarang bukan anda melihat hewan yang dimandikan menggunakan beberapa produk manusia, bolehkan memandaikan kucing dengan sampo manusia?

Ternyata meski tidak beracun, memandikan kucing menggunakan sampo manusia tidak di perkenankan. Karena sampo diformulasikan untuk manusia, bukan hewan atau kucing.

Hal ini dikarenakan juga kucing tidak memiliki pH yang sama dengan manusia. Maka, menggunakan sampo manusia bisa saja menyebabkan kulit kucing mengelupas, kering dan iritasi.

Apalagi jika kucing anda masih sangat kecil, perlu sekali untuk memakai sampo khusus kucing agar kulit dan bulunya tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Inilah Arti Kucing Seringkali Mengedipkan Matanya Secara Perlahan ke Arah Kita

Cara Memandikan Kucing Yang Baik Dan Benar

1. Siapkan Peralatan Mandi Kucing

Pastikan air hangat, sampo kucing, handuk, dan sisir sudah anda siapkan sebelum memandikan kucing. Hal ini meminimalisir kerepotan yang terjadi apabila kucing susah dimandikan.

Pastikan juga ruangan yang digunakan untuk memandikan kucing juga aman dan nyaman, dan tutuplah pintu untuk mencegah kucing melarikan diri.

2. Memotong Kuku Kucing

Jika anda sering mengeluh sakitnya di cakar oleh peliharaan kesayangan anda, maka rutinkanlah memotong kuku setiap beberapa minggu sekali. 

Hal ini dilakukan agar mencegah kuku kucing kesayangan terlalu panjang dan lengkung, karena akan membuat kurang nyaman baik bagi kucing atau bagi anda sebagai pemeliharanya.

Selain untuk alasan kenyamanan, memotong kuku kucing yang sudah panjang dapat membuat proses mandi menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Mulai dengan Sisir Bulu Kucing

Jika kucing anda sering main diluar dan terkadang bertemu dengan kucing lainnya, maka diwajibkan sebelum memandikan kucing, sikat bulu kucing terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran atau rambut mati. 

Kategori :