Mengejutkan! Ternyata Ini Alasan Kucing Memakan Anaknya Sendiri, Simak Penjelasannya

Kamis 02-05-2024,05:06 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Kucing, merupakan hewan dengan sejuta perilaku unik. Selain unik, ada beberapa perilaku yang bahkan tidak dilakukan oleh hewan lain, tapi kucing melakukan perilaku ini. Salah satu perilaku tersebut adalah perilaku kucing memakan anaknya sendiri. 

Meski terdengar aneh dan kejam, namun perilaku kucing ini adalah sebuah kenyataan. Tentunya, kucing tidak begitu saja memakan anaknya. Ada berbagai macam alasan kucing memakan anaknya sendiri. 

Perilaku kucing memakan anaknya sendiri, dilakukan oleh semua jenis kucing. Baik Kucing Ras, maupun Kucing Kampung. Seperti penjelasan yang dimuat pada salah satu situs yang mempelajari kucing yaitu Catster, semua jenis kucing, dapat memakan anaknya sendiri.

Dalam menghadapi fenomena perilaku kucing ini, beberapa pemilik kucing peliharaan, merasa sangat kebingungan untuk mengahadapinya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penjelasan dan alasan kucing memakan anaknya sendiri. Untuk penjelasan terkait alasan kucing memakan anaknya sendiri, yul, simak informasi berikut ini!

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tidur, Ini 6 Arti Dibalik Posisi Tidur Kucing yang Penuh Makna, Apa Kamu Menyadari?

1. Kondisi Kesehatan Anak Kucing yang Tidak Sehat Sedari Lahir

Melansir penjelasan dari situs resmi Nation, induk kucing, pada dasarnya sudah mengetahui kondisi anak kucing sejak lahir. Alasan utama sang induk memakan anak kucing, karena sudah tahu bahwa kesempatan hidup anak kucing, sangatlah kecil. Oleh karenanya, mereka mengakhiri hidup sang anak, daripada hidup dalam kesakitan.

2. Sang Induk yang Ingin Menjaga Keturunan

Karena sang induk sudah mengetahui kondisi anak kucing sehat, atau tidak, induk kucing akan memilih memakan sang anak, jika tidak sehat. Melansir dari situs resmi Catster yang menjelaskan jika induk kucing, akan menjaga keturunannya dengan memakan anaknya. Jadi, anak yang tidak sehat, secara tidak langsung terkena seleksi alam.

BACA JUGA:Sering Terlihat Tidur Terus, Berapa Lama Kucing Tidur Dalam Sehari? Ini Waktu Tidur Kucing yang Ideal

3. Kondisi Induk yang Kekurangan Nutrisi

Sama seperti manusia, induk kucing akan merasa sangat kelelahan setelah melahirkan. Tidak hanya merasa kelelahan, induk kucing juga kehilangan banyak zat-zat dan organ dalam. Seperti yang dijelaskan dalam situs resmi Medium, induk kucing, akan kehilangan 50 persen tenaganya saat melahirkan.

Hal ini, dapat berbahaya bagi induk kucing. Pasalnya, induk kucing dapat menemui kematian, jika tidak segera mendapatkan nutrisi. Oleh karena itu, beberapa induk kucing akan memilih untuk memakan anak kucing.

Kejadian ini memang tidak sering terjadi, namun beberapa kejadian telah membuktikan hal ini. Meski begitu, beberapa pecinta kucing dalam situs resmi Reddit, telah menyatakan bahwa perilaku kucing ini, memang normal adanya. Jadi, kamu tidak perlu menghentikan perilaku sang induk.

BACA JUGA:Cukup Pakai Bahan Alami, 5 Cara Mengusir Tikus dan Kecoak Sekaligus dari Rumah Secara Ampuh

Kategori :