Mudah Dipraktikkan, Ini 3 Kelebihan Metode Tanam Hidroponik Yang Harus Kamu Ketahui! Begini Penjelasannya

Sabtu 01-06-2024,04:00 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Merawat tanaman, memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Kita tidak bisa merawat tanaman, hanya dengan mengandalkan hipotesis pribadi. Karena, hal ini bisa menyebabkan tanaman cepat mati dan tidak terawat karena minim-nya informasi dan pengetahuan.

Khususnya jika menggunakan media tanam hidroponik untuk merawat tanaman. 

Hidroponik, merupakan salah satu metode menanam yang unik dan berbeda dari metode tanam pada umumnya, yang menggunakan air daripada tanah.

Untuk bisa menggunakan metode tanam ini, langkah terbaik adalah untuk mengetahui kelebihan metode tanam hidroponik.

Untuk itu, berikut ini adalah 3 kelebihan metode tanam hidroponik yang wajib diketahui. Simak informasi dan penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA:7 Tips Mengetahui Ada Tikus di Dalam Rumah, Solusi Membasmi Tikus Agar Tidak Beranak-pinak! Ketahui Yu..

1. Hanya Membutuhkan Sedikit Air

Keuntungan pertama yang diperoleh dari menanam sayuran atau tanaman secara hidroponik antara lain membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan menanam menggunakan tanah.

Unsur hara, kelembaban (pH), dan lingkungan tempat tumbuh dapat dikontrol, tanaman, khususnya yang menghasilkan sayuran bisa tumbuh lebih cepat karena adanya pasokan oksigen secara langsung (dari air).

2. Media Pertanian yang Baik

Melansir penjelasan singkat dari halaman resmi "Eden Green", Kebanyakan tanaman hanya tumbuh pada iklim tertentu dan musim tertentu.

Hal ini jelas merugikan beberapa petani yang melakukan pertanian terhadap beberapa tanaman. Baik buah, maupun sayur. Pertanian hidroponik, bisa menjadi solusinya.

Pertanian hidroponik dalam ruangan memungkinkan petani memanen hasil yang dapat diprediksi sepanjang tahun.

Tanaman-pun bisa tumbuh sepanjang tahun, tidak peduli cuaca atau iklim. Karena mereka terlindung dari masalah yang dapat menyebabkan kegagalan panen, hasil panen jauh lebih dapat diprediksi.

Kategori :