Nasib Maarten Paes di Timnas Indonesia, Bisa Bergabung di Kualifikasi Round 3 Piala Dunia Zona Asia?

Rabu 12-06-2024,10:13 WIB
Reporter : Denis Fayumi
Editor : Denis Fayumi

RADARKUNINGAN.COM - Maarten Paes sudah resmi menjadi WNI pada awal Mei 2024. Namun, hingga saat ini dia belum juga kunjung memperkuat Timnas Indonesia.

Mengingat kebutuhan tim, diharapkan Maarten Paes dapat bergabung dengan Timnas Indonesia saat Kualifikasi Round 3 Piala Dunia Zona Asia.

Maarten Paes sendiri mengaku sudah tak sabar bermain bersama timnas Indonesia setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Kiper klub MLS, FC Dallas, ini berpeluang besar tampil di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga yang akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang.

BACA JUGA:Pemilik Pabrik Bata di Jalaksana Kuningan Terjepit Mesin Press Selama 5 Jam, Berhasil Diselamatkan Damkar

Pesepak bola kelahiran Nijmegen, Belanda, 14 Mei 1998, ini telah merampungkan pengambilan sumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementeian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, 30 April 2024.

"Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia),” kata Maarten, dilansir dari laman resmi PSSI, belum lama ini.

Untuk bisa segera bermain dengan mengenakan jersey timnas Indonesia, penjaga gawang yang mempunyai tinggi 1,92 meter ini harus menyelesaikan persyaratan.

Salah satunya adalah menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) karena Maarten pernah membela timnas Belanda U-21 di Piala Eropa U-21 2021 ketika usianya 22 tahun.

BACA JUGA:Selain Timnas Indonesia, Inilah Daftar Lengkap Tim yang Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Usut punya usut, Maarten Paes terkendali Peralihan asosiasi Maarten Paes dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

Statusnya masih belum tuntas karena terbentur Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

Sebelum menjadi WNI, Maarten Paes pernah memperkuat Timnas Belanda level usia. Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) ini pernah memperkuat Timnas Belanda U-18, U-19, U-20, dan U-21.

BACA JUGA:5 Hewan Lucu ini Tidur Sepanjang Hari, No 1 Kuat Sampai 22 jam Perhari!

Kategori :