Menyuburkan Tanaman dengan Micin? Penelitian Mengatakan begini, Simak selengkapnya!

Rabu 23-10-2024,12:44 WIB
Reporter : Denis Fayumi
Editor : Agun Gunarso

RADARKUNINGAN.COM - Micin merupakan salah satu penyedap makanan yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Dengan menambahkan micin pada masakan dan sayur, maka cita rasa masakan tersebut akan semakin kuat. Bicara soal micin sebagai penyedap makanan mungkin sudah biasa, namun tahukah anda bahwa micin bisa dijadikan  sebagai penyubur tanaman? 

Apa iya micin bisa menyuburkan tanaman? Benar. Micin memang bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman. Tentu anda masih heran bukan mengapa micin yang notabenenya diguakan untuk menyedapkan makanan justru bisa digunakan untuk mnyuburkan tanaman.

mengapa micin bisa sangat bermanfaat untuk merawat tanaman-tanaman yang ada disekitar anda seperti bunga dan tanaman hias lainnya. Jadi, bagaimana bisa micin menyuburkan tanaman anda? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Inilah 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Alami di Dalam Rumah, Tertarik Untuk Menanamnya?

1.Mengapa Micin Bisa Menyuburkan Tanaman?

Pertanyaaan inilah yang pertama-tama haru dijawab. Kamii akan menjelaskan kepada anda alasan micin bisa menyuburkan tanaman. Agar dapat tumbuh dengan subur maka tanaman membutuhkan berbagai macam unsur hara  mulai dari unsur hara makro (N,P,K Mg, S) dan unsur hara mikro seperti Ca, B, Fe,Zn, Cl, Cu, Molybdenum dll.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Yang Dapat Menghasilkan Oksigen Alami di Rumah, Solusi Praktis Buat Udara Segar!

Nah, salah satu unur hara makro yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tanaman adalah unsur Kalium (K). Kalium diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhaap peyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tanaman secara langsung. Lalu apahubungannya dengan micin? Menurut penelitian, unsur Natrium ternyata memiliki fungsi sebagai alternatif Kalium bagi tanaman. Jadi disini fungsi natrium hampir sama dengan Kalium. Padahal kita tahu bahwa kandungan utama micin adalah Natrium benzoat. Oleh karena itu dengan memberikan Micin pada tanaman tanaman akan menjadi subur.

BACA JUGA:Jadi Makin Betah Berada di Rumah, Berikut 6 Tanaman Hias Penyaring Udara Yang Cocok di Tanam di Rumah

2.Jenis Tanaman Apakah yang Bisa diberi Micin?

Hampir semua jenis tanaman akan memiliki respon yang baik terhadap pemberian micin yaitu ditandai dengan menghijaunya daun tanaman. Tapi kita perlu cermati bahwa meskipun micin bisa sangat bermanfaat bagi tanaman namun ukuran micin yang sedikit tersebut membuatnya sanagt ideal hanya untuk tanaman kecil seperti sayuran, cabai, tomat, terong, bunga dan tanaman hias.

BACA JUGA:Solusi Praktis Atasi Polusi di Dalam Rumah! Berikut 6 Tanaman Hias Penyaring Udara Terbaik di Dalam Rumah

3.Apakah Hanya Micin yang Bisa Menyuburkan Tanaman?

Tentu saja tidak. Jika anda hendak mencari alternatif lainnya amaka anda bisa mencoba bahan lain yang kandungannya sama. Penyedap masakan lain seperti vetsin, ajinomoto, sasa dll sejatinya sama-sama mengandung natrium. Nah itu bisa dimanfaatkan untuk memupuk tanaman.

Kategori :