Dulu Pecat Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Kim Pan-gon Kini Berbalik Kagum, Minta FAM Ikuti Langkah Indonesia

Sabtu 13-07-2024,07:44 WIB
Reporter : Naufal Masum
Editor : Naufal Masum

RADARKUNINGAN.COM - Jauh sebelum melatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon sempat memiliki jabatan strategis di federasi sepak bola Korea Selatan (KFA). 

Kim Pan-gon dulunya menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih PSSI-nya Korea Selatan sejak tahun 2017.

Pada saat yang sama, pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong ketika itu masih melatih Korea Selatan pada tahun 2018.

Gagal membawa tim Taeguk Warrior lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang menjadi target federasi, Shin Tae-yong pun didepak dari kursi kepelatihan Timnas Korea Selatan.

BACA JUGA:Pernah Rugikan Timnas Indonesia U-23, Francois Letexier Jadi Wasit Final Euro 2024, Media Inggris Khawatir

Kim Pan-gon menjadi salah satu yang turut berperan dalam pemerintahan STY, sahabat karib Shin Tae-yong.

Dulu sempat memecat Shin Tae-yong dari kursi kepelatihan Korea Selatan, pelatih Malaysia saat ini Kim Pan-gon malah berbalik kagum dengan keberhasilan Timnas Indonesia besutan STY.

Tim Harimau Malaya besutan Kim Pan-gon terpaksa menelan pil pahit setelah gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, tim asuhan Shin Tae-yong justru mencatat sejarah karena untuk pertama kalinya berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA:Tercatat Ada 32 Sidang CAS Periode Juli Sampai Oktober, Apakah Benar Salah Satunya Ada Nama Maarten Paes?

Bahkan, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang berhasil melaju ke babak 3 besar tersebut.

Keberhasilan tersebut tampaknya memicu pelatih Malaysia yang diangkat sejak Januari 2022 lalu itu ingin meniru langkah yang dilakukan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Tak hanya menyoroti berbagai kekurangan yang ada di sepak bola negeri jiran, menurut Kim Pan-gon penting bagi Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mempertimbangkan langkah mengambil pemain keturunan untuk dinaturalisasi sebagai cara alternatif.

"Faktanya sepak bola di Malaysia, saya melihat ada situasi yang sulit akan tetapi saya juga tidak tahu bagaimana caranya untuk memperbaikinya karena terlalu banyak hal," ucap Kim Pan-gon seperti dikutip radarkuningan.com dari media Malaysia, Makan Bola pada Jumat 12 Juli 2024.

BACA JUGA:Masih Jalani Perawatan di Korsel, Erick Thohir Ungkap Kapan Kepulangan Shin Tae-yong: Sebentar Lagi 

Kategori :