Pantas Banyak Fenomena Ular Masuk Rumah, Ternyata Ini Peran Perubahan Cuaca Terhadap Ular!

Kamis 01-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Akhir-akhir ini, ramai fenomena ular masuk rumah di masyarakat. Fenomena ular masuk rumah tidak hanya terjadi di wilayah pedesaan, namun di daerah perkotaan sekalipun. 

Tentunya seekor ular tidak akan masuk dalam kediaman warga tanpa alasan. Terdapat beberapa alasan yang bisa menyebabkan ular masuk rumah. 

Halaman resmi "Quora" menerangkan jika alasan ular masuk rumah ada banyak dan beragam. Namun dominannya, ular masuk rumah karena memerlukan udara lembab pada bagian rumah tertentu. 

Fenomena ular masuk rumah tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi fisiologis dan biologis ular. Kondisi dan perubahan cuaca juga mempengaruhi hal tersebut. 

BACA JUGA:Ular Bikin Kaget Penghuni Rumah Dinas BJB Kuningan, Ada Depan Pintu dan Sempat Masuk ke Ruang Tamu

Apalagi jika sudah masuk dalam musim hujan. Cuaca hujan dapat mempengaruhi tingkah laku ular di sekitar manusia. 

Tidak hanya ular yang hidup di lingkungan manusia, semua ular yang ada di dunia juga dipengaruhi oleh cuaca. Cuaca hujan adalah salah satunya. 

Jadi, tidak perlu heran jika banyak sekali kasus dan fenomena ular masuk rumah saat musim hujan. Karena musim hujan memberikan dampak signifikan terhadap pergerakan seekor ular. 

Sarang ular, biasanya berbentuk sebuah lubang di bawah tanah atau tempat lembab. Jika curah hujan tinggi dan terjadi banjir, maka sarang ular bisa terendam air. 

Oleh karena itu, saat musim hujan, ular mencari tempat alternatif untuk bersarang menggantikan sarang ular yang sudah terendam air. Rumah-mu, tidak terkecuali, masuk juga dalam daftar sarang ular pilihan.

BACA JUGA:Seminggu Ini, 3 Ular Besar Masuk Rumah Warga di Kuningan, Ada King Kobra 3 Meter, Ini Tips Cara Mencegah

Terdapat banyak dampak cuaca atau musim hujan terhadap perilaku ular. Tentunya , yang menyebabkan fenomena ular masuk rumah.

Dampak tersebut antara lain adalah sebagai berikut. 

1. Sarang Yang Terendam Banjir, Sehingga Ular Mencari Sarang Baru, Yaitu Kediaman Manusia

2. Habitat Yang Rusak

Kategori :