Maarten Paes Akan Tampil di Fase Ke-3 kualifikasi Piala Dunia 2026? Sekjen PSSI: Tunggu Pengumuman 18 Agustus

Jumat 02-08-2024,22:42 WIB
Reporter : Istiqomah
Editor : Istiqomah

RADARKUNINGAN.COM-Maarten Paes dikabarkan akan main di Timnas Indonesia setelah diumumkannya pada 18 Agustus mendatang, namun apakah sudah pasti?

Mengutip pada laman cnnindonesia.com Rabu(21/7) bahwa Yunus Nursi ‘Pada tanggal 15 Agustus sidang, lalu tanggal 18 agustus pengumuman, Insya Allah kita berusaha memenangkan itu'.

Dari wawancara tersebut Sekretaris Jendral PSSI Yunus Nusi memberikan harapan untuk Maarten Paes untuk gabung Timnas Indonesia yang akan di umumkan pada 18 Agustus mendatang.

Walau sudah lama Paes telah menjadi Warga Negara Indonesia  WNI sejak 30 April 2024 lalu, namun masih banyak kendala untuk gabung ke dalam Timnas Indonesia.

Kiper berbakat ini masih belum diberikan izin bergabung untuk membela Indonesia di Kalender Internasional dan kini masih diusahakan Paes untuk gabung.

Hal tersebut diakibatkan karena perpindahan asosiaso Maarten Paes dari Belanda KNVB ke Indonesia PSSI yang dulunya perna membela Timnas Belanda U-21 yang diusianya menginjak 22 tahun lalu.

Dengtan begitu FIFA masih menolak untuk Paes bergabung Timnas Indonesia, masih bisa ajukan banding ke FIFA yang kini diushakan yang disidang pada 15 Agustus mendatang.

Dan dipastikan pada 18 Agustus bisa mendapatkan pengumuman yang di harampan, namun jika FIFA masih menolaknya maka terdapat langkah selanjutnya yang dilakukan PSSI melalui Pengadilan Olahraga Internasional (CAS).

Hingga terlihat harapan murni terwujud untuk membuat Paes gabung ke dalam Timnas Indonesia, walau terdapat isu siratan kabar, PSSI menggugat FIFA di CAS. Namun kabar resminya di laman CAS tidak ada agenda sengketa PSSI dan FIFA.

Ternyata masih adanya proses yang sedang dijalani FIFA, diungkapkan Wakil ketua umum PSSI Zainudin Amali. 

Dan Amali juga optimis jika FIFA memberi restunya dalam perpindahan asosiasi Paes dari KNVB ke PSSI, sehingga jika terwujud dipastikan Paes mampu membela Timnas Indonesia tampil di fase ke tiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilihat dari jadwalnya, lawan pertama dan kedua yang akan dihadapi Indonesia adalah Arab Saudi pada 6 September dan Australia pada 10 September.

Terdapat jadwal agenda sidang CAS di Bulan Agustus 2024:

1. Agenda 13, Agustus 2024

CAS 2024/A/10279 Al Raed Sport Club v. FC Rostov.

Kategori :