Batik Kamuning Motif Oyot Mingmang dan Merak Bribis, Butuh 3 Hari Pengerjaan

Jumat 30-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Andre Mahardika
Editor : Asep Kurnia

"Kalo membatik tulis ini melatih kesabaran, jadi semacam terapi refleksi. Gaperlu keahlian khusus, semua orang bisa belajar. Dulu juga saya ga bisa langsung mahir," ungkapnya.

BACA JUGA:Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia Lawan Arab Saudi dan Australia, Sayuri Bersaudara Absen

Menurut Cicih, butuh kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakan satu kain dimotif batik.

"Ada bedanya lah, kalau tulis gini kan harus teliti, kadang suka netes, suka salah atau gimana gitu, bengkok, kalau cap udah terbentuk polanya," imbuhnya.

Pembatik lain bernama Cucu, mengutarakan hal serupa, bahwa pembatikan tidak dapat terlepas dari nilai sejarah, toleransi dan refleksi ketenangan diri.

Hal itu terlihat saat dirinya mengerjakan batik motif Merak Bribis. Di atas kain sepanjang 2,5 meter, perlahan tapi pasti, goresan demi goresan terlihat cantik dan dinamis diatas kain khusus berwarna putih.

BACA JUGA:Rahasial Timnas Indonesia U20 Berhasil Bekuk Argentina, Indra Sjafri Beberkan Alasan

"Ini batik tulis, motifnya Merak Mitim, batik dari Paseban Cigugur. Prosesnya pertama kain dipola, dibikin gambar, baru dicanting. Kain Katun Krimis. Untuk satu lembar kain 1x2,5 meter, biasanya kelar semingguan, kadang lebih, tergantung motifnya," tutur Cucu sambil membatik.

Dirinya mengaku, sejak 15 tahun lebih terjun di pembatikan, perbedaan Batik tulis dan cetak tetap saja terlihat. Namun, nilai artistik seni dan kepuasan pembeli maupun pembatik, masih dan memang selalu tertuju ke batik tulis tangan.

"Ada bedanya lah, tulis sama cetak, bedanya prosesnya, kalau cetak kan tinggal plek saja, gaperlu digambar dulu, kan udah cetakan, udah ada cetakannya," ucap Cucu.

Sementara untuk batik tulis, Cucu mengharuskan dirinya selalu teliti dalam memberikan warna terhadap motif yang sudah tergambar.

"Kalau tulis ya harus teliti, harus digambar dulu pake pensil selanjutnya dicanting nih. Ada jualannya cantingnya ini. Pesona tetap ke tulis, itu pentingnya," pungkasnya.

Kategori :