Lengser Dadi Ketua PWI, Iyan Serahkan Aset Organisasi

Lengser Dadi Ketua PWI, Iyan Serahkan Aset Organisasi

KUNINGAN–Beberapa waktu ke depan, Iyan Irwandi SIP akan segera lengser dari posisinya sebagai Ketua PWI Kuningan. Iyan telah menjabat Ketua PWI Kuningan selama 2 periode berturut-turut, yakni 2013-2017 dan 2017-2020, sehingga tidak dibolehkan untuk mencalonkan kembali sebagai ketua.

Selama 2 periode kepemimpinannya, dan kini akan segera berakhir, Iyan meninggalkan warisan yang menjadi aset organisasi untuk dikelola, dimanfaatkan dan dipergunakan semaksimal mungkin demi kepentingan organisasi.

Menurut Iyan, saat peralihan tongkat estafet kepemimpinan dari pengurus PWI sebelumnya, sangat memprihatinkan. Sebab, hanya ada beberapa barang saja yang diserahkan kepada pengurus baru, yakni 1 unit stempel kayu dan 2 lembar bendera PWI warna putih ukuran kecil. Sedangkan kantor kesekretariatan, malah sudah disewakan beberapa tahun oleh pengurus sebelumnya.

“Dulu sedih sekali. Kantor tidak ada, barang-barang penunjang kegiatan keorganisasian pun tidak punya. Namun sekarang ini, saya bersyukur karena di saat lengser sebagai ketua, masih bisa mewariskan aset yang cukup lumayan untuk dimanfaatkan anggota,” ujar Iyan, kemarin (6/12).

Aset tersebut, kata dia, terbagi menjadi dua jenis. Yakni berupa barang-barang penunjang kelengkapan kesekretariatan kantor, yang bisa dimanfaatkan anggota dalam melaksanakan profesi jurnalistiknya. Untuk program kerja yang sudah berjalan baik, menurutnya tinggal dilanjutkan saja oleh kepengurusan yang akan datang.

Sedangkan aset dalam bentuk barang, meliputi 1 set kursi tamu, 2 unit meja rapat, 1 unit papan rapat, 3 unit kipas angin, 1 unit televisi, 1 unit dvd, 1 unit wireless, 1 unit kompor gas beserta tabungnya, 1 unit dispenser, 1 unit magicom, 1 unit jam dinding, 1 unit pigura organigram, 1 unit laptop dan 1 unit printer.

Lalu, 1 unit perlengkapan tenis meja, tiga lembar karpet, 1 unit rak perabot, 1 set kelengkapan kebersihan, 3 unit ember besar, 1 unit lemari piring kabinet, 1 unit meja dan kursi ketua, perlengkapan alat makan, perlengkapan dapur, meja televisi beserta 7 unit kabel terminal.

Berikutnya, lanjut Iyan, aset dalam bentuk program kerja yang telah dirintis dengan susah payah, tetapi kini telah berjalan lancar sebagaimana mestinya, yakni program kegiatan jalan santai ceria PWI Sahabat Masyarakat, yang sudah berlangsung selama 5 tahun berturut-turut. Kecuali tahun 2020 karena situasi Covid-19.

Kegiatan untuk mengembalikan lagi citra wartawan khususnya yang berada di bawah naungan PWI Kabupaten Kuningan tersebut, kata dia, bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN). Setiap tahunnya, selalu dinanti oleh ribuan warga dari berbagai pelosok Kota Kuda karena sekalian berbagi sedikit rezeki.

Selanjutnya, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para jurnalis agar bisa lebih berkompeten karena dalam pelaksanaannya melibatkan tim penguji yang telah bersertifikasi dari Dewan Pers. Kegiatan yang berhasil diselenggarakan tahun 2018 dan 2019 tersebut bekerja sama dengan Bagian Humas Setda Kuningan.

“Alhamdulillah, banyak program kerja yang berhasil dilaksanakan. Baik kegiatan jalan santai, UKW, Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK), peningkatan status anggota, buka puasa bersama, halal bihalal, pembagian takjil, donor darah, bakti sosial maupun kegiatan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk agenda Konferensi PWI Kabupaten Kuningan, akan digelar 10 Desember mendatang. Dalam konferensi ini, peserta akan memilih calon ketua baru periode 3 tahun mendatang.

Acara ini akan digelar di kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. Hanya saja, meski anggotanya cukup banyak, tetapi yang berhak memilih hanya 21 orang yang status kartu keanggotaannya sudah biasa.

Adapun bakal kandidat Ketua PWI Kuningan, dari info yang berkembang, nama Nunung Khazanah SIP, disebut-sebut sebagai calon kuat Ketua. Saat ini, Nunung menjabat sebagai Sekretaris PWI. (muh)

https://www.youtube.com/watch?v=zF-hUB0W2ZI&t=1s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: