Desa Cimara Miliki Banyak Potensi Wisata Alam

Desa Cimara Miliki Banyak Potensi Wisata Alam

KUNINGAN-Bupati H Acep Purnama SH MH mengukuhkan kelompok Sadar Wisata Gora Indah Desa Cimara Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan di balai desa setempat, kemarin (6/12). Pengukuhan kelompok sadar wisata ini sejalan dengan komitmen Pemdes Cimara, yang telah mencanangkan diri sebagai Desa Wisata pada 30 Oktober lalu.

Hal ini dilakukan, karena Desa Cimara memiliki banyak potensi wisata alam. Beberapa di antaranya potensi Perbukitan Pasir Gora, pendakian Gunung Tilu, wisata ziarah Gunung Tilu, wisata arung jeram, wisata ziarah Makam Hulu Dayeuh, wisata Curug Sawer, wisata sejarah Situs Gagajahan, Gora Hayam dan wisata Goa Indrakila.

Bupati H Acep Purnama mengapresiasi kepala Desa Cimara, yang sudah menyulap wilayahnya menjadi lebih bagus dan indah. Hal ini sejalan dengan semangat Desa Cimara yang berkomitmen sebagai Desa Wisata.

“Kepala Desa Cimara luar biasa semangatnya, sekarang bercita-cita menjadi Desa Wisata, di luar perkiraan juga ternyata banyak potensi untuk kelompok wisata. Terima kasih untuk masyarakat, kalau tidak didukung oleh masyarakat ini berat,” kata Acep.

Desa Cimara jika ingin menjadi Desa Wisata maka hal pertama yang harus disiapkan adalah mental untuk bisa menerima kunjungan siapa pun. “Nanti di sini akan menjadi pusat keramaian, semua masyarakat harus siap untuk menyalurkan kenyamanan dan keamanan. Kepada siapa pun yang beraktivitas di Desa Cimara perlu diperhatikan, jadi perlu dukungan semuanya,” pintanya.

Oleh sebab itu, Bupati Acep berharap agar komitmen Desa Cimara menjadi Desa Wisata bisa terwujud. Karenanya semua pihak terkait agar bersama-sama berkolaborasi dengan bidang pariwisata, untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada di Desa Cimara. “Selamat bekerja dan tancapkan semangat untuk mewujudkan bersama cita-cita Desa Cimara sebagai bagian tempat wisata di Kabupaten Kuningan,” tandasnya.

Kepala Desa Cimara Kusra KH menjelaskan, wisata panorama Pasir Gora merupakan tempat unggulan dari Desa Cimara yang terdiri dari beberapa bukit memanjang seluas 36 hektar. Bahkan 2 hektar diantaranya sudah dijadikan perumahan relokasi pada 2018.

“Kemudian wisata Pasir Gora menjadi unggulan karena tanah milik desa seluas 36 hektare, agro wisata edukasi buah-buahan, spot panjat tebing, terintegrasi kereta gantung, kolam renang, bumi perkemahan dan terwujudnya penghijauan secara terarah,” ungkap sang kepala desa.

Menurutnya, warga Desa Cimara betul-betul memiliki keinginan agar terwujudnya Desa Wisata. Bahkan banyak potensi yang bisa dijadikan tempat wisata alam seperti kolam renang, tempat berkemah dan lain-lain. “Lokasinya pun cukup luas kurang lebih 36 hektare. Oleh karena itu, kami merasa terarik jika ini dimanfaatkan sebagai wahana wisata. Selain itu, Desa Cimara juga pernah mengikuti lomba bina wilayah dan menjadi juara Kabupaten Kuningan,” terang dia. (ags)

https://www.youtube.com/watch?v=zF-hUB0W2ZI&t=1s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: