Udin Kusnedi Calon Kuat Ketua PAN

Udin Kusnedi Calon Kuat Ketua PAN

KUNINGAN–Anggota DPRD Kuningan H Udin Kusnedi dikabarkan akan kembali maju pada kontestasi Musyawarah Daerah (Musda) DPD PAN Kabupaten Kuningan. Kendati belum terlihat mengambil formulir calon ketua formatur, namun sosok H Udin Kusnedi ini menjadi salah satu calon terkuat pada Musda PAN ke-V nanti.

Apalagi sebelumnya, H Udin Kusnedi mendapat dukungan pula dari Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari. Hal itu diketahui usai kegiatan konsolidasi yang dilakukan DPW PAN Jabar di Kabupaten Kuningan.

H Udin Kusnedi yang kini masih menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kuningan ini, beberapa kali mendapat kunjungan langsung Ketum PAN Dr H Zulkifli Hasan saat kegiatan partai di Kuningan. Ini menandakan, jika Ketua DPD PAN Kuningan H Udin Kusnedi dikenal dekat dengan petinggi partai di tingkat pusat.

Termasuk kedekatan dengan pimpinan lintas partai, komunikasi politik kerap dibangun. Begitu pun dengan kepala daerah, tokoh agama maupun tokoh masyarakat dan rekan-rekan pers juga cukup dikenal dekat. Di sisi lain, selama kepemimpinan H Udin Kusnedi keberadaan kantor sekretariat partai menjadi lebih representatif. Bahkan terbilang makin megah setelah mendapat renovasi bangunan gedung.

“Alhamdulillah selama ini Pak H Udin sudah menunjukkan kemampuan dan integritas sebagai kader partai. Sejak awal memimpin sudah membuktikan baik secara fisik maupun pengkaderan,” kata Cuncun Nuratmaja, pengurus DPD PAN Kuningan didampingi Ketua DPC PAN Kramatmulya Cecep Yogi kepada awak media, Rabu (9/12).

Pembuktian secara fisik itu terlihat dari bangunan sekretariat kantor partai yang kini berdiri cukup megah. Mengenai struktur pengurus partai juga terbentuk dengan baik, apakah itu pengurus harian di tingkat kabupaten hingga kepengurusan tingkat kecamatan bahkan desa/kelurahan.

“Mungkin sudah hampir 90 persen struktur kepengurusan sudah terbentuk di tingkat ranting. Kalau struktur tingkat kecamatan sudah selesai,” katanya.

Jika berkaca pada musda sebelumnya, sistem pemilihan ketua partai di daerah memang keputusan final berada di tangan DPP PAN. Sehingga tidak ditentukan oleh suara pengurus partai di daerah, kedekatan dengan petinggi partai di tingkat pusat menjadi peluang besar mendapatkan rekomendasi sebagai ketua partai. Namun tak dipungkiri, sejumlah nama seperti H Nunung Sanuhri dan H Uba Sobari juga tak bisa dianggap enteng. Pasalnya, kini keduanya merupakan anggota legislatif yang tentunya memiliki basis massa tersendiri.

Tak terkecuali mantan Ketua DPD PAN Kuningan pada periode sebelumnya, Toto Suharto patut diperhitungkan. Jika sosok Toto Suharto ini maju kembali pada musda nanti, tak menutup kemungkinan menjadi salah satu pesaing berat H Udin Kusnedi. (ags)

https://www.youtube.com/watch?v=i2FKb1kLh2A&t=1s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: