Nunung Khazanah Pimpin PWI Kuningan

Nunung Khazanah Pimpin PWI Kuningan

KUNINGAN–Nunung Khazanah SIP terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan Periode 2020-2023. Ini untuk pertama kalinya di Kuningan, wartawan perempuan memimpin PWI.

Proses pemilihan dilakukan secara voting dalam Konferensi Kabupaten PWI Kuningan, yang digelar di Aula Bappeda, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Ciporang, Kamis (10/12). Nunung berhasil meraih 12 suara, mengalahkan rivalnya, Sukartanu SH yang hanya mendapatkan 4 suara. Satu suara dinyatakan abstain, dan satu anggota yang memiliki hak suara tidak hadir.

Terdapat sebanyak 21 anggota biasa PWI Kuningan, namun dalam pemilihan ketua PWI tersebut hanya ada 18 orang yang memiliki hak suara. Mereka merupakan anggota PWI yang memiliki kartu UKW (Uji Kompetensi Wartawan) dan ikut OKK, serta tercatat sebagai anggota biasa.

Sidang konferensi dipimpin oleh PWI Jawa Barat. Sebelumnya, acara ini dibuka Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Dalam amanatnya, bupati berpesan kepada PWI sebagai organisasi kewartawanan pertama di Indonesia, untuk menjadi pionir dan contoh bagi organisasi kewartawanan lain. Apalagi, PWI Kuningan telah sukses melaksanakan UKW yang menjadi tahapan penting menjadi wartawan profesional.

“Karenanya PWI harus menjadi wadah bagi insan pers yang kompeten, profesional, serta taat dan patuh pada kode etik jurnalistik sebagai pedoman. Sehingga dalam menjalankan tugasnya akan dilindungi oleh undang-undang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Demisioner PWI Kuningan Iyan Irwandi menyampaikan permintaan maaf selama menjabat apabila ada kekurangan dan kesalahan. Sejumlah program organisasi telah dijalankan baik Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) hingga agenda rutin jalan santai.

“Alhamdulillah Konferkab PWI kali ini ada tiga agenda yakni laporan pertanggungjawaban selama kepengurusan saya, penyusunan program kerja dan pemilihan ketua baru. Kegiatan ini diikuti puluhan anggota, hanya saja yang berhak memilih hanya 21 orang karena mereka harus mengantongi sebagai anggota biasa PWI,” ungkapnya.

Dia berharap, kepengurusan ke depan bisa lebih baik dalam memajukan organisasi PWI Kuningan.

Di tempat yang sama, usai ditetapkan sebagai ketua terpilih, Nunung Khazanah mengucapkan terima kasih kepada semua anggota PWI yang telah mempercayakannya memimpin organisasi kewartawanan tersebut. Ia pun berjanji akan menjaga profesionalisme jurnalis, menjadikan insan pers PWI bermartabat serta dapat mandiri di era transformasi digital saat ini.

“PWI harus bisa lari menghadapi tantangan era digital, yang saat ini banyak didominasi para jurnalis generasi z, dengan tetap mengedepankan etika, profesional dan bermartabat. Ini mungkin sebagai sejarah, karena perempuan terpilih sebagai Ketua PWI Kuningan,” kata Nunung. (muh)

https://www.youtube.com/watch?v=YiEaP_RpwOs&t=3s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: