Bupati: Kenaikan Harga Jelang Nataru Masih Wajar

Bupati: Kenaikan Harga Jelang Nataru Masih Wajar

KUNINGAN-Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menilai kenikan harga sejumlah barang kebutuhan masyarakat menjelang perayaan natal dan tahun baru (nataru) saat ini masih terbilang wajar.

Hal tersebut diungkapkan bupati saat kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Baru bersama Kepala Diskopdaging U Sukmana dan pejabat Forkopimda, Kapolres, Dandim serta Kasi Intel Kejari Kuningan, Selasa (22/12). Menurut Acep, memasuki akhir tahun 2020 ini ada beberapa barang kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan harga seperti cabai merah, tomat dan telur disebabkan karena faktor cuaca yang berdampak pada hasil panennya.

\"Yang mengalami kenaikan harga hanya beberapa komoditi saja, yaitu cabai merah, telur, tomat dan daging ayam. Sedangkan yang lain, terutama sembako masih terbilang normal. Kenaikan harga barang-barang tadi cenderung disebabkan karena faktor cuaca sehingga berdampak pada hasil panen, ditambah saat ini menjelang libur akhir tahun, sehingga kenaikkannya masih terbilang wajar,\" ungkap Bupati Acep kepada awak media.

Namun demikian, kata Acep, ketersediaan semua bahan kebutuhan masyarakat di pasar saat ini masih terbilang cukup bahkan melimpah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan barang kebutuhannya pada libur akhir tahun ini.

\"Seperti bawang merah dan bawang putih stok di pasar masih banyak dan harganya pun masih stabil bahkan mengalami penurunan. Juga daging ayam dan sapi, beras, gula pasir dan sayur mayur masih melimpah dengan harga masih stabil,\" ujarnya.

Bupati Acep berharap kondisi harga barang-barang kebutuhan masyarakat yang stabil ini bisa bertahan selama musim libur natal dan tahun baru nanti. Bahkan bisa turun sehingga bisa terjangkau dan tidak menyusahkan masyarakat.

Nanti dari Dinkopdagin dibantu petugas kepolisian dan TNI pun akan turut memantau perkembangan harga ini untuk memastikan tidak ada permainan dan kecurangan pedagang yang memanfaatkan suasana yang malah menyengsarakan rakyat,\" ujar Acep.

Sementara itu berdasarkan pantauan Radar, kondisi harga kebutuhan masyarakat yang masih tinggi di antaranya telur ayam negeri saat ini mencapai Rp28.000 dari harga normal Rp22.000, cabai merah Rp60.000 dari harga normal di kisaran Rp25.000, tomat Rp14.000 dari harga normal Rp7.000 dan daging ayam dari Rp32.000 kini Rp34.000 per kilogram. Sementara kebutuhan lain seperti bawang merah dan putih masih stabil Rp24.000, timun Rp6.000 dan kol Rp9.000 per kilogram. Begitu juga untuk bahan kebutuhan pokok seperti beras masih stabil di harga Rp10.000, gula pasir Rp12.000 dan daging sapi Rp110.000 per kilogram.

\"Daging sapi dan kambing sekarang masih normal Rp110.000 per kilogram. Biasanya saat menjelang tahun baru daging kambing yang akan mengalami kenaikan karena banyak permintaan masyarakat yang akan merayakan tahun baruan untuk nyate,\" ujar Heri salah satu pedagang daging di Pasar Baru. (fik)

https://www.youtube.com/watch?v=yz5L8uZzk5I&t=9s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: