Food Festival Angkat Kuliner Khas Kuningan

Food Festival Angkat Kuliner Khas Kuningan

KUNINGAN-Ibu-ibu penggerak PKK dari 32 kecamatan dan pelaku UKM di Kabupaten Kuningan memeriahkan event tahunan Kuningan Food Festival, kemarin.

Bertempat di Hotel Prima Resort Sangkanurip, acara lomba kreasi makanan bertajuk “Diversifikasi Produk Pangan dan Beras yang Berbasis Sumber Daya Lokal” tersebut dibuka langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Purnama dan wakilnya Yoan Ridho Suganda, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian U Kusmana SSos MSi, para camat serta ibu-ibu TP PKK kecamatan peserta lomba.

Dalam laporannya, Kepala Dinkopdagin U Kusmana mengatakan, kegiatan Kuningan Food Festival tersebut diikuti 32 kelompok ibu-ibu PKK seluruh kecamatan di Kabupaten Kuningan dan 20 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kuningan. Acara tersebut digelar dalam rangka mengangkat potensi kuliner khas Kuningan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas yang memberi dampak pada peningkatan perekonomian.

\"Dari kegiatan lomba ini akan terpilih juara yang akan mewakili Kabupaten Kuningan untuk mengikuti event serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat. Selain itu, kami juga sudah menggandeng pihak swasta yakni PT Telkom yang akan turut memberikan pendampingan kepada pelaku usaha kuliner untuk mengembangkan usaha ke depan,\" ungkap Uu.

Selain itu, lanjut Uu, dari kegiatan lomba kreasi kuliner para ibu-ibu PKK dan pelaku IKM di Kabupaten Kuningan tersebut sebagai salah satu upaya pemulihan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ketua Tim Penggerak PKK Ika Acep Purnama menyampaikan, kebutuhan akan ketertersediaan pangan sangat mendesak karena dengan meningkatnya jumlah penduduk. Sehingga  ketersediaan pangan cukup menjadi harga mutlak untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

“Gangguan stabilitas pada harga beras akan menyebabkan kerawanan sosial untuk itu kami harapkan dari kegiatan ini mulai berfikir kita semua sebagai PKK bisa berperan dalam peananekaragaman pangan olahan sumber daya alam yang melimpah serta iklim yang mendukung di Kabupaten Kuningan, dan kami sangat bangga bahwa PKK yang ada di 32 kecamatan bisa menampilkan olahan makanan yang beranekargam,” ujar Ika.

Sementara itu Bupati Acep mengapresiasi kegiatan Kuningan Food Festival tersebut sebagai salah satu cara memulihkan perekonomian masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini. Dari kegiatan ini pula, kata Acep, keanekaragaman kuliner khas Kuningan masih tetap berkibar di tengah persaingan global yang semakin bebas.

\"Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah melakukan upaya antisipasi atau proteksi terhadap masuknya makanan impor melalui Perbup tentang Mulangapit atau Mulang Ka Pangan Pituin. Dengan kegiatan Food Festival ini, diharapkan semakin memotivasi para ibu-ibu PKK dan pelaku UKM untuk terus berkreasi menciptakan produk olahan makanan yang berkualitas dan bergizi sehingga bisa bersaing dengan produk impor,\" ujar Acep. (fik)

https://www.youtube.com/watch?v=yz5L8uZzk5I&t=12s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: