Pemuda Pancasila Netral di Musda KNPI

Pemuda Pancasila Netral di Musda KNPI

KUNINGAN–Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kuningan Harnida Darius SH, menyatakan organisasinya akan bersikap netral dalam menyongsong kontestasi Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kuningan beberapa waktu ke depan.

Hal ini menyusul, mencuatnya tiga nama yang berasal dari keluarga besar PP untuk mencalonkan Ketua DPD KNPI. Ketiga nama itu masing-masing adalah Masuri (incumbent), Yusuf Dandi Asih dan Hendri. Ketiganya merupakan kader PP yang kini aktif dalam kepengurusan MPC PP Kuningan.

“Musda KNPI ini hajat pemuda Kuningan, saat ini kabar yang ada bahwa salah satu agenda musda adalah pemilihan Ketua KNPI. Ada tiga nama yang muncul, namun belum ditetapkan sebagai calon. Kebetulan ketiganya masih keluarga besar Pemuda Pancasila,” kata Rida, sapaan akrab Ketua MPC PP Kuningan didampingi Pengurus MPC PP Drs Dadang Saputra dan H Hilwan di Sekretariat PP Jalan RE Martadinata Kelurahan Cijoho, Minggu (27/12).

Rida kembali memastikan ketiganya merupakan kader PP dan seluruhnya masuk dalam pengurus MPC PP Kuningan. Oleh sebab itu, Ia hanya menyarankan kepada DPK KNPI dan organisasi kepemudaan yang memiliki hak suara untuk memilih salah satu nama yang kini mencuat itu.

“Silakan bagi kawan-kawan organisasi kepemudaan, teman-teman di DPK KNPI untuk dipilih dari ketiga nama itu jika nanti mencalonkan diri. Tentunya sesuai dengan hati nurani. Itu penting, sebab sekarang bukan lagi belajar berdemokrasi, tapi melaksanakan demokrasi,” saran Rida.

Ia hanya memposisikan diri sebagai orang tua yang kebetulan menjabat sebagai Ketua MPC PP Kuningan. Sehingga tidak menutup atau melarang kader-kader PP terbaiknya untuk mencalonkan diri.

“Misalkan saya sebagai Ketua MPC PP memprioritaskan salah satu orang, tidak demikian. Tapi silahan kepada kawan-kawan, kalau memiliki niatan untuk membangun pemuda, tapi harus dibuktikan dengan kemampuan, harus siap mental itu penting. Sebab menjadi pemimpin ini tidak gampang,” tandasnya.

Menurutnya, seorang pemimpin organisasi itu harus siap waktu dan pikiran untuk membangun organisasi. Sebab KNPI ini tidak bisa dikelola asal-asalan, tidak bisa dilakukan secara paruh waktu.

“Jadi harus fokus dalam memimpin organisasi, kita ini mengurus dan mengelola kepemudaan di Kabupaten Kuningan. Jadi harapan saya tentunya kepada calon-calon ini harus siap tenaga, waktu dan pikiran, fokus dalam organisasi,” harapnya.

Ditanya dari ketiga nama itu siapa saja yang telah sowan atau silaturahim kepada Rida, Ia mengaku, jika ketiganya sudah bersilaturahim untuk menyampaikan niatan maju di Musda DPD KNPI.

“Mereka sudah minta restu kepada saya, misalnya Gonjes (Masuri, red) sudah minta izin untuk mencalonkan kembali. Yusuf Dandi Asih juga sama sudah minta izin, termasuk Hendri juga sama sudah bersilaturahim dengan saya,” bebernya.

Ia hanya menyampaikan kepada tiga bakal kandidat Ketua DPD KNPI itu, bahwa saat mencalonkan diri maka tahapan dalam persyaratan pada musda nanti harus dipenuhi. Persyaratan menjadi calon ketua itu apa saja yang harus dipersiapkan, itu harus dipenuhi oleh mereka.

Rida mengaku tidak memberikan strategi pemenangan kepada ketiganya, sehingga ia menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing akan menggunakan strategi apa.

“Yang paling penting, kalian itu bersaudara, bersahabat. Kalau memang ketiga-tiganya ingin maju, buktikan bahwa majunya kalian bertiga itu memberikan contoh kepada kawan-kawan pemuda ini berdemokrasi secara benar dan baik sesuai hati nurani,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: