Ika Lantik Bunda Literasi Kecamatan

Ika Lantik Bunda Literasi Kecamatan

KUNINGAN–Istri Bupati H Acep Purnama sekaligus Bunda Literasi Kuningan, Hj Ika Acep Purnama resmi melantik sebanyak 32 Bunda Literasi Kecamatan di Teras Baca Perpustakaan Kuningan, kemarin (29/12).

Pelantikan ini disaksikan pula Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Indra Purwantoro SAP, Wakil Ketua TP PKK Hj Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Ella Dian dan beberapa tamu undangan.

Pelantikan yang dikemas dalam Gebyar Kunjungan Perpustakaan ini hanya terdapat lima perwakilan kecamatan yakni Kramatmulya, Darma, Pasawahan, Cidahu dan Cibeureum. Sementara peserta pelantikan yang lain mengikuti secara virtual.

“Saya titip kepada Bunda Literasi Kecamatan yang telah dilantik, untuk terus menggaungkan budaya literasi hingga ke perdesaan. Jangan lupa terus bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, serta dengan kami yang ada di kabupaten,” kata Ika saat memberi sambutan.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan gairah, budaya dan minat anak-anak, generasi muda serta seluruh komponen masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan dalam literasi. “Gebyar Kunjungan Perpustakaan ini merupakan momen yang sangat strategis, untuk mendukung minat masyarakat dalam mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Hal ini karena membaca juga meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri,” terangnya.

Menurut Hj Ika, melalui budaya membaca, seseorang bisa membuka diri terhadap ide dan informasi baru. Sehingga dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri seseorang.

“Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka anak-anak dapat mengembangkan inovasi, kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan lebih optimal. Sehingga dengan mengunjungi perpustakaan dan banyak membaca, dapat meningkatkan semarak literasi dan mewujudkan inovasi perpustakaan yang lebih maju,” ujarnya.

Dia berpesan, agar Bunda Literasi Kecamatan membangun kerja sama yang baik dengan SKPD dan muspika, sebagai wujud peningkatan literasi di Kuningan. “Tugas mulia menanti Ketua TP PKK Kecamatan. Bantu tugas camat dalam mensejahterakan masyarakatnya melalui program literasi, buat dan kembangkan perpustakaan di setiap kecamatan, desa dan kelurahan. Dinas Arsip dan Perpustakaan adalah penggerak dan pembina dalam mengembangkan perpustakaan,” imbuhnya.

Selain itu, dia juga meminta, agar Bunda Literasi Kecamatan bisa segera menyusun program dan kegiatan inovatif yang dibutuhkan masyarakat. “Mari kita ajak masyarakat untuk berkunjung dan berwisata ke Perpustakaan Umum Kuningan, serta memperkenalkan kepada masyarakat umum dan anak-anak usia dini,” pintanya.

Selama ini telah terjalin kerja sama antara Tim Penggerak PKK dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan. Bahkan implementasinya dibuktikan dengan kerja sama yang baik dalam program dan kegiatan lomba keluarga literasi setiap tahun. “Saya berharap kegiatan tersebut terus dilanjutkan dengan fasilitas yang lebih baik lagi. Sampai dengan tahun 2020 ini, kami TP PKK Kabupaten Kuningan telah empat kali mengadakan lomba keluarga literasi di Kabupaten Kuningan,” sebutnya.

Hj Ika menambahkan, perpustakaan dan literasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, bahkan berjalan beriringan saling mengisi satu dengan lain. Oleh sebab itu, melalui pelantikan ini dimaksudkan memberikan tanggung jawab baru kepada TP PKK kecamatan untuk mensosialisasikan informasi mengenai program literasi, serta mendorong kembali mengadakan pelantikan lanjutan kepada Ketua TP PKK desa/kelurahan yang ada di wilayahnya masing-masing. (ags)

https://www.youtube.com/watch?v=YMMP9iSsyLA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: