Gebyar Kunjungan Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca

Gebyar Kunjungan Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca

KUNINGAN–Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menyatakan, Gebyar Kunjungan Perpustakaan menjadi momen strategis dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Kuningan. Hal ini disampaikan Sekda Dian saat membuka kegiatan Gebyar Kunjungan Perpustakaan 2020 di Teras Baca Perpustakaan Umum Kuningan, kemarin (29/12).

“Budayakan membaca dari lingkup keluarga mulai orang tua, anak-anak dan saudara. Pendidikan dalam keluarga akan lebih efektif menciptakan anak bangsa yang cerdas, pekerjaan ini memang tidak mudah, namun kita harus berusaha semaksimal mungkin,” kata Sekda Dian saat mengawali sambutan.

Dian menerangkan, kerja sama antara guru, orang tua maupun komponen masyarakat dapat membangun dan meningkatkan gairah literasi di lingkungan masyarakat. Pemerintah daerah berkewajiban menjamin hak masyarakat, untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan sebagai salah satu upaya mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan.

“Dalam rangka meningkatkan kecerdasan, perlu ditumbuhkan dan dilestarikan budaya gemar membaca melalui pendayagunaan informasi. Tuntutlah ilmu sejak lahir hingga maut menjemput, untuk itu pemerintah telah menetapkan membuat edaran tentang pencanangan Kuningan Bercahaya yakni Kuningan belajar dan membaca sepanjang hayat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dian juga menjelaskan, program tersebut sangat luar biasa sebab hanya ada di Kabupaten Kuningan. Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sangat berharga. “Kami sangat mengapresiasi upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk membangkitkan budaya dan minat baca masyarakat, dengan melaksanakan berbagai kegiatan sebagai bentuk pengembangan dan pembinaan terhadap perpustakaan desa/kelurahan. Beberapa di antaranya mengadakan lomba keluarga literasi, lomba perpustakaan desa/kelurahan, lomba cerita daerah, lomba duta baca, program wisata baca perpustakaan umum Kabupaten Kuningan serta Gebyar Kunjungan Perpustakaan,” ungkap pejabat yang belum lama ini diwisuda Lemhanas.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Bunda Literasi Kuningan Hj Ika Acep Purnama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Indra Purwantoro SAP, Wakil Ketua TP PKK Hj Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Ella Dian dan beberapa tamu undangan dari perwakilan kecamatan. (ags)

https://www.youtube.com/watch?v=YMMP9iSsyLA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: