“Kado” Istimewa bagi Kemenag Kuningan

“Kado” Istimewa bagi Kemenag Kuningan

KUNINGAN –Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI  ke-75 digelar sederhana di Aula MTsN 3 Kuningan, Selasa (5/1). Pada momen HAB yang mengusung tema “Indonesia Rukun” Kemenag Kuningan mendapat “kado” istimewa.

Atas “kado” tersebut, Kepala Kemenag Kuningan Dr H Hanif Hanafi MSi pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan. Dalam sambutannya, Hanif mengucapkan terima kasih khususnya kepada Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, yang hadir pada acara itu. Kepala Kemenag juga menyampaikan terima kasih kepada Forum KBIH yang selama ini senantiasa membantu Kemenag.

BACA JUGA:Kemenag FC Pukul Mundur Panama

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Kuningan yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, dan forum KBIH yang menghibahkan tanah untuk dibangunkan kantor pelayanan haji dan umrah satu atap,” ucap Hanif.  

Bupati Acep menyampaikan sambutan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Ia mengajak masyarakat untuk mengapresiasi seluruh elemen umat beragama yang telah menerapkan sikap toleransi, saling mendukung, bersinergi dan bersama-sama mengawal tugas-tugas Kementerian Agama.

Dikatakan, pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri Agama dan aparatur Kemenag RI dari masa ke masa. Menurutnya, tanpa toleransi, tidak akan ada kerukunan.

“Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama,” kata Bupati Acep Purnama.

Dengan mengembangkan moderasi beragama, lanjut bupati, toleransi dan kerukunan dapat lebih mengakar di kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dengan ideologi bangsa Indonesia, yakni Pancasila.

“Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai ke-Indonesia-an sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dalam hal ini meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral. Komitmen religius dan moralitas menjadi barometer apakah suatu bangsa dapat menjadi bangsa yang besar atau tidak,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Acep diberi mandat untuk menyematkan Satya Lencana Karya Satya kepada 19 orang terpilih dengan masa kerja 10, 20 dan 30 tahun. Acara dilanjutkan dengan melakukan penyerahan apresiasi bagi kepala dan guru madrasah serta DPC PGM yang berprestasi, oleh Ketua DPD PGM Kuningan H Topic Offirstson MSi MPd, dan ditutup dengan tausiah oleh Asep Sopiyudin SAg.

Pada peringatan HAB ini dilaksanakan bansos (bantuan sosial) yang diberikan dalam rangka membantu pegawai Kemenag non PNS, dengan puncak acara berupa tasyakuran dan upacara secara virtual oleh Kemenag Kuningan dengan jumlah undangan 100 orang dengan kapasitas gedung 500 orang.

“Kegiatan baksos ini terdiri dari 54 sembako yang tersalurkan. Sementara itu diberikan juga bantuan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Alhamdulillah dapat dilaksanakan oleh PGM Kuningan, yaitu dengan melaksanakan berbagai lomba,” ujar Drs Rokhidin MAg, Ketua Panitia Kegiatan. (muh)

https://www.youtube.com/watch?v=cZBvc7KXnnY&t=7s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: